Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Mudahnya Memperoleh Pahala Membaca Al-Qur’an 30 Juz

Mudahnya Memperoleh Pahala Membaca Al-Qur’an 30 Juz.
Oleh : @elrosyadi296


Bismillahirrohmanirrohim.
Al-Qu’ran merupakan mukjizat terbesar yang diberikan oleh Alloh SWT kepada baginda Nabi Agung Muhammad SAW. Yang tak pernah lekang di makan zaman.
Sebagaimana jargon Al-Qur’an :"صلح لكل زمن و مكان"
Salah satu keistimewaan Al-Qur’an adalah akan mendapatkan pahala bagi mereka yang membacanya, baik itu paham maknanya ataupun tidak paham maknanya.
Tersebutkan dalam salah satu hadits Nabi SAW,
عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ ».
Artinya : “Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)
Bahkan, pahala orang yang mendengarkan Al-Qur’an dengan seksama, sama pahalanya dengan orang yang membaca Al-Qur’an.
Tak, sampai disitu, Al-Qur’an juga merupakan satu-satunya kitab suci yang mampu dihafal dari awal sampai akhir.
Meskipun dapat dihafalkan dari awal sampai akhir, tetap saja kesibukan manusia terkadang mengalahkan waktu luang untuk membaca Al-Qur’an. Mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka.
Mereka yang ingin mengkhatamkan Al-Qur’an jadi terasa berat karena jumlahnya yang 30 juz.
Namun, ada hadits nabi SAW yang menjelaskan bahwa ada beberapa surat yang memiliki perbandingan yang hampir sama dengan 30 juz Al-Qur’an.
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ لِرَجُلٍ مِنْ أَصْحَابِهِ :
هَلْ تَزَوَّجْتَ يَا فُلَانُ ؟ قَالَ: لَا وَاللَّهِ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا عِنْدِي مَا أَتَزَوَّجُ بِهِ. قَالَ: أَلَيْسَ مَعَكَ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ؟ قَالَ: بَلَى. قَال:َ ثُلُثُ الْقُرْآنِ، قَالَ: أَلَيْسَ مَعَكَ إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ ؟ قَالَ: بَلَى، قَالَ: رُبُعُ الْقُرْآنِ. قَالَ: أَلَيْسَ مَعَكَ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ ؟ قَالَ : بَلَى، قَالَ : رُبُعُ الْقُرْآنِ. قَالَ : أَلَيْسَ مَعَكَ إِذَا زُلْزِلَتْ الْأَرْضُ ؟ قَالَ: بَلَى، قَالَ: رُبُعُ الْقُرْآنِ، قَالَ: تَزَوَّجْ .
رواه الترمذي
Artinya : “(Anas bin Malik bercerita bahwa suatu ketika Rasulullah saw bertanya kepada salah seroang sahabatnya) Apakah kamu sudah nikah? Belum, Demi Allah wahai Rasulullah saya tidak mempunyai mahar untuk saya bayarkan sebagai mas kawin. Baginda berkata: Tidakkah kamu sudah hafal surah Qul huwa Allahu ahad ? Dia menjawab: Ya. Baginda berkomentar: Itu sudah sepertiga al-Qur’an. Lanjut baginda: Tidakkah kamu juga hafal surah iza jaa’a nasrullahi wa al-fath ? Dia berkata: Ya. Baginda berkomentar: Itu sudah seperempat al-Qur’an. Lanjut baginda: Tidakkah kamu juga hafal surah Qul yaa ayyuha al-kaafiruun ? Dia menjawab: Ya. Baginda berkomentar: Itu sudah seperempat al-Qur’an. Lanjut baginda: Tidakkah kamu juga hafal surah izaa zulzilatil al-ardu ? Dia menjawab: Ya. Baginda bersabda: Itu sudah seperempat al-Qur’an, maka kawinlah.”
Hadis hasan, diriwayatkan oleh al-Tirmizi (hadis no. 2820) dan Ahmad (hadis no. 12021 dan 12831). Menurut al-Tirmizi, hadis ini hasan.



Post a Comment for "Mudahnya Memperoleh Pahala Membaca Al-Qur’an 30 Juz"