Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Trik Mengganti Thumbnail dengan Logo Blog

 

Sebuah thumbnail merupakan suatu gambaran awal dari sebuah konten. Sehingga kemenarikan konten bisa berawal dari thumbnail. Namun, bagaimana ketika kita lupa membuat thumbnail ? sehingga konten yang kita post terkadang tidak mempunyai thumbnail. Atau juga permasalahan thumbnail berasal dari penggunaan template baru.

Kita tidak perlu risau jika thumbnail kita kosong, atau belum sempat membuat thumbnail. Kita bisa menggantinya dengan logo dari web atau blog kita sendiri.

Baca Juga : Download Panduan HTML dan CSS


Disini admin menggunakan trik yang begitu mudah, tanpa memerlukan keahlian mengotak-atik kode HTL atau CSS. Berikut langkah-langkahnya :

Pertama-tama buka akun blog anda (dalam kasus ini saya menggunakan blogspot), beserta halaman blog kalian (2 tab sekaligus)

Masuk ke pengaturan tema -> edit HTML. Gunakan tombol ctrl+f untuk melakukan pencarian. Ketikan .png (dot png). Gunakan ekstensi png jangan .jpg atau .jpeg.

Beralih ke tab halaman blog. Coba kalian perhatikan, ketika suatu postingan tidak memiliki thumbnail buatan, bagaimanakah rupa gambarnya.

Setelah itu, beralih ke tab edit HTML yang tadi sedang melakukan pencarian. Setelah tadi mengetikan .png di kolom pencarian, akan muncul alamat-alamat gambar (image source / img src). Biasa jika blog menggunakan platform blogger, bentuk alamatnya http://1.bp.blogspot/..... .png.

Nah, setelah menemukan alamat sumber gambar, salin alamat tersebut, lalu buka tab lagi dan pastekan alamat tersebut. Nantinya akan muncul gambar. Setelah muncul gambar, maka kalian tinggal cocokkan dengan thumbnail dipostingan yang tidak diberi thumbnail. Jika cocok kalian tinggal mengganti alamat sumber gambar tersebut dengan gambar logo blog kalian.
Caranya, kalian tinggal buka blog kalian, dan bukalah halaman yang sekiranya kalian menemukan logo blog kalian. Kemudian klik kanan gambar tersebut, dan pilih salin link.
Setelah link logo blog kalian dapatkan, tinggal dipastekan ke link yang tadi sudah kalian temukan di bagian edit HTML. Setelah selesai jangan lupa simpan tema.

Sisi positif dari trik ini, yaitu dapat dilakukan oleh semua orang tanpa harus mempunyai keahlian mengotak-atik HTML atau CSS.

Sisi negatifnya, sedikit membutuhkan waktu yang relative lama. Karena kita harus memastikan alamat sumber gambar lalu melihat gambarnya, apakah cocok atau tidak. Begitu seterusnya hingga menemukan kecocokan.
elrosyadi296
elrosyadi296 Seorang Santri Lulusan MA Jurusan IPS, Kuliah Jurusan Tafsir, Ngabdi Ngajar Ngaji, IPA dan Matematika, Hobi Coding Otodidak

Post a Comment for "Trik Mengganti Thumbnail dengan Logo Blog"