Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Pengertian Stilistika

Stilistika (stylistic) adalah ilmu tentang gaya. Stilistika berkaitan erat dengan stile. Jika style di Indonesiakan dengan diadaptasikan menjadi stile atau gaya bahasa. Istilah stylistic juga dapat diperlakukan sama, yaitu diadaptasikan menjadi ‘stilistika’.

Menurut Shipley (1957:341) stilistika (stylistic) adalah ilmu tentang gaya (style), sedangkan style itu sendiri berasal dari akar kata stilus (latin), yang berarti alat berujung runcing yang digunakan untuk menulis di atas bidang berlapis lilin.

Stilus itu sendiri juga berasal dari akar kata ‘sti’ berarti mencakar atau menusuk. Dalam bahasa Yunani dikenal dengan istilah stylos berarti pilar atau rukun yang idakitkan dengan tempat untuk bersemedi atau bersaksi.

Stilistika adalah ilmu yang meneliti penggunaan bahasa dan gaya bahasa di dalam karya sastra. Stilistika adalah proses menganalisis karya sastra dengan mengkaji unsur-unsur bahasa sebagai medium karya sastra yang digunakan sastrawan sehingga terlihat bagaimana perlakuan sastrawan terhadap bahasa dalam rangka menuangkan gagasannya.

Ratna (2007: 236) menyatakan, stilistika merupakan ilmu yang menyelidiki pemakaian bahasa dalam karya sastra, dengan mempertimbangkan aspek-aspek keindahannya. Bagi Simpson (2004: 2), stilistika adalah sebuah metode interpretasi tekstual karya sastra yang dipandang memiliki keunggulan dalam pemberdayaan bahasa.

Dalam bidang bahasa dan sastra style dan stylistic berarti cara-cara penggunaan bahasa yang khas sehingga menimbulkan efek tertentu.


Sumber :
  1. Nyoman Kutha Ratna, 2013. Stilistika : Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya, Pustaka Pelajar : Yogyakarta. Hal. 3
  2. Burhan Nurgiyantoro, 2014. STILISTIKA, Gadjah Mada University Press : Yogyakarta. Hal. 74
  3. Nyoman Kutha Ratna, 2013. Stilistika : Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya, Pustaka Pelajar : Yogyakarta. Hal. 8

Post a Comment for "Pengertian Stilistika"