Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Logo Hari Santri Nasional 2023: Jihad Santri Jayakan Negeri






Makna dan Perayaannya

Peringatan Hari Santri Nasional pada mulanya ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015. Sehingga untuk selanjutnya tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional atau HSN.


Adapun tujuan adanya Peringatan Hari Santri Nasional yaitu untuk mengenang dan menghormati jasa perjuangan khususnya para ulama dan santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dimana para santri telah berperan penting dalam berbagai peristiwa sejarah, termasuk dalam Perang Diponegoro, Perang Padri, dan Perang Kemerdekaan Indonesia.

Makna Hari Santri Nasional

Hari Santri Nasional memiliki makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Peringatan ini merupakan bentuk penghargaan terhadap peran dan kontribusi santri dalam menjaga dan memajukan bangsa.


Santri adalah sebutan bagi orang yang mendalami ilmu agama Islam di pesantren. Mereka tidak hanya mempelajari ilmu agama, tetapi juga ilmu umum dan keterampilan. Santri memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa, baik di bidang agama, pendidikan, sosial, maupun ekonomi.


Perayaan Hari Santri Nasional

Perayaan Hari Santri Nasional biasanya dilakukan dengan berbagai kegiatan, seperti:

  1. Upacara bendera
  2. Seminar dan diskusi
  3. Lomba-lomba
  4. Tabligh akbar
  5. Ziarah ke makam ulama

Pemerintah juga biasanya mengadakan berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Santri Nasional. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran santri dalam pembangunan bangsa.



Perayaan Hari Santri Nasional 2023

Pada tahun 2023, Hari Santri Nasional mengusung tema "Jihad Santri Jayakan Negeri". Dalam peringatan Hari Santri Tahun ini, kita merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan dan perjuangan melawan kebodohan.


Tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” mengangkat makna yang dalam dan relevan dalam zaman ini, yang mana dizaman ini penuh dengan tantangan dan kompleksitas, dimana jihad tidak lagi hanya merujuk pada pertempuran fisik,melainkan pada perjuangan intelektual dan penuh semangat.


Para santri merupakan penjaga terdepan dalam pertempuran melawan ketidakpahaman, kebodohan dan ketertinggalan. Mereka adalah pejuang ilmu pengetahuan yang tidak mengenal Lelah, mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama.


Dalam tradisi Islam,jihad intelektual adalah cara untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan pengetahuan. Santri adalah teladan dalam menjalalni kebijaksanaan,mereka memperdalam ilmu dan menyebarkan cahaya pengetahuan.

Donwload Logo Hari Santri Nasional Tahun 2023



Filosofi Logo


Unsur Logo Hari Santri Tahun 2023, terdiri dari :


1. KOBARAN API NASIONALISME

Rasa cinta tanah air, adalah semangat yang berkobar dalam dada setiap santri. "Hubbul wathon minal iman" (rasa cinta tanah air adalah sebagian dari iman), adalah kobaran api yang selalu menyala.

2. SANTRI MENJAGA NEGERI

Santri senantiasa siaga menjaga 4 pilar kebangsaan, inilah komitmen dan jiwa nasionalisme yang dimiliki oleh para santri. 

3. TEKNOLOGI DIGITAL

Tantangan hari ini yang harus dijawab oleh santri adalah, kemajuan teknologi digital. Santri hari ini, harus mengembangkan pengetahuannya untuk mengikuti tranformasi teknologi digital

4. PILAR KEBANGSAAN

Indonesia dibangun diatas 4 pilar kebangsaan: Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

5. SIMBOLISASI "NUN"

Dalam Islam, jelas sekali huruf nun berdiri sendiri sebagai pembuka surat Al Qalam, yang disimbolkan dengan tempat tinta, lalu disusul ada kalam dan tempat menulisnya sebagai mana disebutkan dalam ayat: "Nun wa al-qalam wa ma yasthurun". Ini bermakna, "Nun" sebagai simbol pengetahuan.

6. GORESAN TINTA PADA TEMA

Jenis font seperti goresan tinta pada tema tahun ini, menyimbolkan bahwa santri adalah generasi penerus bangsa yang akan menggoreskan kejayaan Indonesia dengan tinta emas. Jihad Intelektual demi kejayaan negeri.

Download Filosofi Logo Hari Santri Nasional 2023

Post a Comment for "Logo Hari Santri Nasional 2023: Jihad Santri Jayakan Negeri"