Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

MAKALAH BAHASA INDONESIA PERLUNYA PERBENDAHARAAN KATA YANG LUAS DAN BERAGAM, SERTA KIAT-KIAT MENAMBAH KOSAKATA BAGI MAHASISWA


MAKALAH BAHASA INDONESIA

PERLUNYA PERBENDAHARAAN KATA YANG LUAS DAN BERAGAM, SERTA KIAT-KIAT MENAMBAH KOSAKATA BAGI MAHASISWA













Makalah ini dibuat guna memenuhi tugas individu pada semester III
Dosen Pembimbing :
Rose Kusumaningratri, M.A

Disusun Oleh :
                              Luthfi Rosyadi      NIM : 1631037

ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR / III
FAKULTAS USHULUDDIN, DAKWAH, DAN SYARIAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA
KEBUMEN
2017/2018

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan, kenikmatan serta kesempatan, dalam rangka menyelesaikan kewajiban kami sebagai mahasiswa, yakni dalam bentuk tugas yang diberikan bapak dosen dalam rangkamenambah ilmu pengetahuan dan wawasan kami pula.
Shalawat serta salam, semoga selalu tercurahkan kepada Baginda Nabi Agung Muhammad SAW, yang telah mewajibkan kepada kita untuk selalu menuntut ilmu, dan selalu merasa hauslah akan ilmu.
Ucapan terima kasih kepada Ibu Rose Kusumaningratri, M.A, selaku dosen pengampu pada mata kuliah Bahasa Indonesia, yang telah memberikan bimbingan serta arahan sehingga makalah yang berjudul “MAKALAH BAHASA INDONESIA : Tentang Perlunya Perbendaharaan Kata Yang Luas Dan Beragam, Serta Kiat-Kiat Menambah Kosakata Bagi Mahasiswa” ini dapat selesai tepat waktu.
Adapun dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaaan, oleh karena itu saran dan kritik yang membangun, selalu diharapkan, dalam rangka perbaikan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, amin ya rabbal ‘alamin.

                                                                    Kebumen, 18 Januari 2018


                                                                    Penulis

DAFTAR ISI


















BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Bahasa merupakan media yang digunakan anggota suatu kelompok sosial untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan sebagai identitas diri. Bahasa dapat menggiring kita menembus ruang dan waktu. Melalui bahasa, kita dapat mempelajari ilmu pengetahuan, sejarah, maupun adat istiadat suatu bangsa dalam masa tertentu. Bahasa mampu merekam berbagai hal tersebut dalam bentuk lisan maupun tulisan. Semua itu merupakan fungsi bahasa yang telah lama diemban oleh bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional Negara Indonesia yang merupakan bahasa pemersatu. Sudah menjadi suatu kewajiban bagi kita selaku Warga Negara Indonesia (WNI) untuk menguasai dan menerapkan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar, sehingga bahasa Indonesia dapat terjaga keasliannya.
Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia yang diikrarkan sejak 28 Oktober 1928 oleh para pejuang bangsa sampai dengan saat ini masih tetap eksis. Bahasa Indonesia sampai dengan saat ini masih dirasakan perannya dalam berbagai sendi kehidupan, antara lain sebagai alat komunikasi antar warga dan antar masyarakat Indonesia. Bahasa Indonesia masih tetap memegang peranan penting dan masih tetap merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.
Bukti menunjukkan bahwa bahasa Indonesia masih lebih dominan digunakan di dalam berbagai kegiatan, seperti rapat-rapatsiaran radio, TV,  pidato kenegaraan, pidato politik, pelaksanaan administrasi kedinasan, dan bahasa pengantar pada setiap level pendidikan Bahkan saat ini, sebagian besar komunikasi tidak resmi antar warga pun sudah sering menggunakan bahasa Indonesia dibandingkan dengan bahasa daerah masing-masing. Bahasa Indonesia yang seharusnya menjadi bahasa kedua setelah bahasa daerah (bahasa ibu), kini justru bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa pertama, sedangkan bahasa daerah telah menjadi bahasa kedua bahkan telah menjadi bahasa ketiga (bahasa asing) bagi pemiliknya). Dalam era globalisasi, kita sebagai warga negara Indonesia sudah sepantasnya bangga dan menjunjung tinggi bahasa persatuan kita, yaitu bahasa Indonesia. Jati diri bahasa Indonesia perlu dibina dan dimasyarakatkan. Hal ini dilakukan, agar bangsa Indonesia tidak terbawa arus oleh pengaruh budaya asing yang masuk ke Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut terlebih dahulu kita harus menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap bahasa Indonesia dan rasa cinta itu hanya akan tumbuh jika mahasiswa mengenal bahasa Indonesia dan memahami pentingnya bahasa Indonesia itu sendiri.[1]
Begitupun, penguasaan akan kosa kata dalam jumlah banyak akan memberikan tambahan rasa cinta. Sebab dengan adanya kosa kata yang banyak, akan memberikan rasa enak saat kita akan memulai sebuah pembicaraan atau menyambung sebuah pembicaraan. Oleh sebab itu, seorang mahasiswa seharusnya memiliki perbendaharaan yang banyak supaya dalam penyampaian materi lebih mudah dipahami oleh yang lainnya.

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan dalam makalah ini yang akan dibahas adalah :
1.      Bagaimana Mata Kuliah Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa?
2.      Bagaimana Pentingnya Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa?
3.      Bagaimanakah Kiat-Kiat Meningkatkan Kosa Kata Bagi Mahasiswa ?

C.    Tujuan makalah

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar pembaca dan penulis dapat mengetahui apa sebenarnya manfaat mempelajari mata kuliah bahasa Indonesia bagi kita khususnya mahasiswa perguruan tinggi. Untuk mengetahui  Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bagi Mahasiswa. Untuk mengetahui  Pentingnya Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa.  Untuk mengetahui  kiat-kiat meningkatkan kosa kata bagi mahasiswa.





BAB II

PEMBAHASAN

A.    Mata Kuliah Bahasa Indonesia bagi Mahasiswa[2]

Bahasa Indonesia merupakan produk bahasa yang lahir di bangsa Indonesia sendiri. Bahasa Indonesia tidak lahir begitu saja, namun juga melalui proses yang panjang. Bahkan hingga sekarang, bahasa Indonesia masih terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, setiap saat bahasa Indonesia dapat bertambah kosa katanya. Perkembangan zaman yang cepat terutama di era globalisasi ini menuntut bahasa Indonesia untuk selalu berbenah sehingga dapat menampung berbagai macam istilah-istilah baru yang tidak terdapat dalam bahasa Indonesia.
Bahasa ini digunakan untuk menyatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini dikarenakan bangsa Indonesia sendiri terdiri dari berbagai macam suku bangsa yang setiap suku tersebut memiliki bahasa daerah masing-masing. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk menyatukan bahasa-bahasa tersebut ialah melalui bahasa Indonesia
Berbagai macam fungsi bahasa Indonesia, salah satunya yang telah disebutkan di atas yaitu sebagai pemersatu bangsa. Selain itu ada beberapa fungsi bahasa Indonesia, salah satunya yaitu sebagai bahasa baku dalam penulisan karya ilmiah. Penulisan karya ilmiah dianjurkan untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Namun juga perlu diketahui, penulisan karya ilmiah tingkat internsional harus menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Meskipun demikian, karya ilmiah tersebut hendaknya juga ditulis dalam bahasa Indonesia agar anak negeri juga dapat mempelajari karya tersebut. Masih banyak lagi fungsi dari bahasa Indonesia, seperti menumbuhkan sikap nasionalisme, cinta produk sendiri (produk-produk Indonesia dan lain-lain), bahasa dalam forum formal, bahasa dalam kegiatan belajar mengajar, dan lain sebagainya.
Dalam maraknya era globalisasi masa kemajuan informatika dan komuniakasi setiap individu dituntut untuk menyumbangkan karya kreativitasnya dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Terutama bagi kalangan mahasiswa yang dituntut untuk selalu berkarya baik berbentuk tulis maupun non tulisan. Akan tetapi dalam dunia tulis menulis di kalangan mahsasiswa, masih banyak kerancuan-kerancuan yang menyimpang dari kaidahnya dalam tulisan-tuliasan. Apa lagi budaya menulis yang sesuai kaidah EYD sudah mulai terlupakan akibat dari kemajuan tekhnologi dan informatika yang bersifat instan. Selain itu gairah tulis menulis telah mengalami penurunan, sehingga tidak heran dalam kalangan mahasiswa lebih menyukai copy paste dari karya orang ataupun membeli karya orang yang diaku sebagai karyanya.
Selain itu bahasa Indonesia itu penting untuk dipelajari dari berbagai daerah di Indonesia. Kemudian, bahasa Indonesia sebagai panduan untuk penyusunan dan penggunaan tata bahasa yang baik dan benar dalam komunikasi ilmiah, selain itu mempelajari bahasa Indonesia bagi mahasiswa di universitas sama halnya seperti mempelajari mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA, namun pembahasan di universitas lebih spesifik dan mendalam, dan sebagian besar mahasiswa masih tetap ingin mempelajari bahasa Indonesia dikarenakan agar mereka mampu bertata bahasa dengan baik dan benar.
Dalam perguruan tinggi, kita akan sering membuat karya ilmiah. Bukan hanya karya ilmiah yang akan kita buat melainkan laporan praktikum, skripsi, thesis dan karya tulis lainnya. Di perguruan tinggi, kita akan mempelajari Bahasa Indonesia dimana kita dituntut untuk mempertahankan Bahasa Indonesia. Ini dilakukan supaya tidak luntur oleh kalangan banyak pemuda dan pengaruh budaya asing yang cenderung mempengaruhi pikiran generasi muda.
Di dalam mata kuliah Bahasa Indonesia, kita pasti mempelajari dan memahami arti pentingnya tata bahasa dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dalam pembuatan karya ilmiah dan sejenisnya. Setelah kita bisa memahami EYD dengan baik dan benar, kita akan bisa mengetahui konsep penggunaan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dimanapun kita berada. Sebagai seorang mahasiswa, selayaknya kita menambah kosakata yang sesuai dengan keilmuan yang kita tekuni di perguruan tinggi. Kita harus bisa menggunakan diksi-diksi yang baik dan kalimat-kalimat yang efektif sesuai jenjang pendidikan, bukan seperti anak SMA dan SMP lagi.
Dalam suatu karya ilmiah, penggunaan bahasa memiliki arti yang sangat penting. Bahasa adalah alat komunikasi lingual manusia, baik secara lisan maupun tertulis. Untuk penggunaan bahasa dalam suatu karya ilmiah berarti menitikberatkan suatu bahasa sebagai alat komunikasi berupa tulisan. Karena itu, penggunaan bahasa dalam karya ilmiah sangatlah penting. Pengertian dari karya ilmiah sendiri adalah laporan tertulis dan dipublikasi yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan. Terdapat berbagai jenis karangan ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium , artikel jurnal, yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan.
Nah, untuk di tingkatan perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah, seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Yang disebut terakhir umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis pakar-pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian. Selain itu karena alasan di atas, terdapat beberapa hal lain yang membuat bahasa indonesia harus dijadikan mata kuliah di perguruan tinggi.
Dengan demikian, sangat penting untuk mengadakan mata kuliah Bahasa Indonesia di setiap perguruan tinggi selain karena bahasa indonesia merupakan bahasa negara kita sendiri dan sebagai bahasa pemersatu dengan cara ini juga kita secara tidak langsung telah melestarikan bahasa kita. siapa lagi yang akan melestarikan bahasa Indonesia ini kalau bukan kita sebagai warga negara itu sendiri.

B.     Pentingnya Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa[3]

Di perguruan tinggi bahasa Indonesia yang diajarkan tidak jauh berbeda dengan yang pernah diajarkan di sekolah menengah atas. Namun bahasa Indonesia diperguruan tinggi diajarkan lebih spesifik dan mendalam lagi oleh dosen mata kuliah bahasa Indonesia. Dimana dalam proses pembelajaran itu kita dituntut untuk mempertahankan bahasa Indonesia, agar bahasa Indonesia tidak luntur dengan adanya pengaruh budaya asing yang cenderung mempengaruhi pikiran generasi muda. Selain itu bahasa Indonesia itu penting untuk dipelajari diperguruan tinggi, dikarenakan di universitas setiap mahasiswa berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Bahasa Indonesia juga digunakan sebagai panduan untuk penyusunan dan penggunaan tata bahasa yang baik dan benar dalam pembuatan artikel ilmiah, praktikum, skripsi, thesis, disertasi, dll.
Di dalam mata kuliah bahasa Indonesia, kita diajarkan untuk memahami arti pentingnya tata bahasa dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Setelah kita memahami arti pentinggnya mempelajari tata bahasa dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dengan baik dan benar, kita akan bisa mengetahui konsep penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dimanapun kita berada. Sebagai seorang mahasiswa, selayaknya kita menambah kosakata yang sesuai dengan keilmuan yang kita tekuni di perguruan tinggi. Kita harus bisa menggunakan diksi-diksi yang baik dan kalimat-kalimat yang efektif sesuai jenjang pendidikan, bukan seperti anak SMA dan SMP lagi.
Berikut ini adalah beberapa kelebihan dalam mempelajari bahasa Indonesia yaitu:
a.       Bahasa Indonesia cukup mudah untuk dipelajari oleh masyarakatnya sendiri, terutama di dalam aturan penggunaan bahasa Indonesia yang benar tidak ada perbedaan penggunaan bahasa untuk kalangan yang lebih tua (lebih dihormati), kalangan sebaya, ataupun kalangan yang lebih muda dari kita, (meskipun dalam prakteknya, tentu saja kita harus selektif dalam memilih kata-kata yang akan digunakan untuk berbicara dengan orang lain untuk menjaga nilai-nilai sosial seperti kesopanan, kehormatan, dan kerukunan antar sesama). Hal ini berbeda dengan bahasa daerah.
b.      Bahasa Indonesia tergolong unik, karena hampir semua kata dibaca sesuai dengan abjad (misalnya kata “aku”, tetap dibaca “aku”. Berbeda halnya apabila kata “aku’ dibaca dengan aturan bahasa Inggris, menjadi “ekyu”). Keunikan lainnya yaitu adanya kata ‘n’ dan ‘g’ dalam satu kata (misalnya kata ‘bingung’) yang pembacanya menyesuaikan dengan huruf vocal sebelumnya.
c.       Merupakan bahasa persatuan di tanah air kita. Jadi apabila kita sedang berada di kota mana pun selama kota itu masih berada di wilayah Indonesia, kita tidak perlu khawatir masalah komunikasi dengan penduduk setempat. Bahkan penduduk suku-suku yang bisa dikatakan masih tertinggal pun juga terkadang ada yang bisa berbahasa Indonesia.
d.      Sesuai data yang tercatat di bahasa Indonesia termasuk salah satu bahasa yang paling banyak digunakan didunia, dengan total 234 juta jiwa. Tentu saja mengingat jumlah penduduk di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 200 juta jiwa.
Manfaat Mempelajari Bahasa Indonesia secara umum ini dilakukan untuk:
1)       Menumbuhkan sikap bahasa yang positif terhadap bahasa Indonesia.
2)       Meningkatkan rasa bangga terhadap bangsa Indonesia.
3)       Meningkatkan kesetiaan akan bahasa Indonesia.
4)       Meningkatkan kesadaran akan adanya norma dalam berbahasa dan secara khusus bertujuan untuk terampil berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

C.  3 Kiat Mengembangkan Penguasaan Kosakata

Seseorang yang lebih banyak menguasai kosakata akan cenderung lebih mudah dalam menangkap suatu informasi daripada mereka yang memiliki kemampuan kosakata yang rendah sehingga pemahaman bacanya menjadi relatif lebih tinggi juga.
Jadi, memperkaya kosakata yang kita miliki adalah salah satu kunci memperbaiki kecepatan sekaligus pemahaman kita dalam membaca. Berikut beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk memperkaya kosakata kita :
1.      Teruslah Membaca Sebanyak Dan Sekonsisten Mungkin. 
Tidak ada cara yang lebih baik untuk memperkaya kosakata Anda dibanding dengan membaca. Bacalah berbagai jenis bahan bacaan yang variatif. Semakin luas dan dalam jenis bahan bacaan Anda semakin banyak kata-kata baru yang Anda pelajari dari waktu ke waktu.
2.      Perhatikan Dan Sadari Kata-Kata Baru Yang Anda Temui Saat Membaca.
Jika Anda tidak tahu persis arti atau maksud suatu kata, cobalah memahami dari konteks kalimatnya. Beri tanda kata yang tidak Anda mengerti sehingga Anda dapat melihatnya kembali belakangan. Setelah itu Anda dapat memastikan arti kata tersebut dalam kamus. Cara lainnya yang lebih mudah adalah dengan langsung menanyakan arti kata tersebut pada orang di sekitar Anda atau seseorang yang Anda anggap mengetahuinya.
3.      Cobalah Segera Memakai Kata Baru Tersebut. 
Setelah Anda memahami kata baru tersebut, Anda dapat mencoba menggunakannya dalam bentuk percakapan maupun tulisan. Menulis kata dalam sebuah kalimat akan membantu Anda mengingat kata tersebut. Menggunakan kata-kata baru dengan segera akan mempercepat proses penyerapan dan penyimpanan kata tersebut dalam bank kosakata di otak Anda.
Demikian beberapa tips untuk memperkaya kosakata Anda. Biasakan diri Anda dengan kata-kata baru yang Anda pelajari. Dengan begitu Anda akan dapat mengenali dan memahaminya dengan cepat saat Anda membacanya kembali pada kesempatan membaca yang lain. Kosakata yang berlimpah akan membantu melejitkan kemampuan membaca cepat yang Anda miliki saat ini maupun di masa mendatang.



















BAB III

PENUTUP

a.      Kesimpulan

Dari pembahasan yang telah terjabarkan diatas dapat di ambil kesimpulan bahwa peran dan kedudukan bahasa Indonesia memiliki arti yang sangat penting diantaranya yaitu peran dan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional negara kita yang mampu mempersatukan rakyat Indonesia yang terpisah-pisah diantara kepulauan. Dengan adanya bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia maka proses komunikasi yang terjadi antara masyarakat yang memiliki bahasa daerah yang berbeda dengan masyarakat di daerah lain dapat terjalin dengan baik.
Bahasa Indonesia sangat penting untuk dipelajari kembali oleh mahasiswa karena mahasiswa sebagai penerus generasi bangsa yang diharapkan mampu melindungi salah satu aset bangsa Indonesia yaitu bahasa Indonesia. Dengan diajarkannya kembali bahasa Indonesia ditingkat universitas diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam penyusunan skripsi/ tesis/disertasi sebagai salah satu syarat mutlak kelulusan.
Dengan dibudayakannya penggunaan bahasa Indonesia dikalangan mahasiswa, diharapkan dapat menguatkan rasa cinta mahasiswa terhadap bahasa Indonesia.

b.      Saran

Sebagai seorang mahasiswa, perlu sekali mempelajari dan memahami bagaimana penggunaan diksi yang tepat dan cermat karena seorang mahasiswa itu selalu dibebankan dan berkelut dengan karya-karya tulis dalam setiap tugas perkuliahannya. Diharapkan makalah ini dapat mengingatkan pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya bahwa bahasa Indonesia perlu dipelajari, karena dengan cara ini juga kita secara tidak langsung telah melestarikan bahasa kita. Siapa lagi yang akan melestarikan bahasa Indonesia ini kalau bukan kita sebagai warga Indonesia itu sendiri.

DAFTAR PUSTAKA


 

Adrian, A. (2017, 01 31). KARYA ILMIAH Pentingnya Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa. Retrieved 01 18, 2018, from Tarbiyah 88: http://tarbiyah88.blogspot.co.id/2017/01/ multi-printing-karya-ilmiah-pentingnya-bahasa-indonesia-bagi-mahasiswa.html
Elviana. (2013, 10 23). Pentingnya Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Retrieved 18 01, 2018, from Elviana PBSI: http://elvianapbsi.blogspot.co.id/2013/10/pentingnya-bahasa-indonesia-di.html
Indach26. (2016, 17 05). Makalah bahasa indonesia di kalangan mahasiswa. Retrieved 01 18, 2018, from Iga Panggang: http://igapanggang.blogspot.co.id/2016/05/ be-number-one-makalah-bahasa-indonesia-di-kalangan-mahasiswa.html
Kurnada. (2013, 02 13). Pentingnya Memperbanyak Kosa kata. Retrieved 01 18, 2018, from HIDUP BERKUALITAS Hidup Cuma Sekali Hiduplah Berkualitas dan Menebar Manfaat: https://kurnada.wordpress.com/pentingnya-memperbanyak-kosa-kata-hidup-berkualitas.html
Noer, M. (2014, 02 25). Tips Mengembangkan Kosakata Untuk Membaca Lebih Cepat. Retrieved 01 18, 2018, from membaca cepat read faster, work smarter: https://www.membacacepat.com/tips-mengembangkan-kosakata-untuk-membaca-lebih-cepat-membaca-cepat-panduan-terbaik-belajar-speed-reading.html
Qkye, R. (2013, 01). Makalah Diksi Pemilihan Kata. Retrieved 01 18, 2018, from Catatan Mahasiswa: http://rezkiiqkye.blogspot.co.id/2013/01/makalah-diksi-pemilihan-kata.html
Zikuri, S. G. (2012, 01 15). Makalah Pentingnya MKDU Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Retrieved 01 18, 2018, from Blog Detik: http://sankyuu.blogdetik.com/2012/01/15/makalah-pentingnya-mkdu-bahasa-indonesia-di-perguruan-tinggi.html





[1] Indach. “Bahasa Indonesia Di Kalangan Mahasiswa” dalam http://igapanggang.blogspot.co.id/2016/05/makalah-bahasa-indonesia-di-kalangan-mahasiswa.html. Diakses pada 17 Januari 2018.

[2] Op. Cit
[3] Ibid

Post a Comment for "MAKALAH BAHASA INDONESIA PERLUNYA PERBENDAHARAAN KATA YANG LUAS DAN BERAGAM, SERTA KIAT-KIAT MENAMBAH KOSAKATA BAGI MAHASISWA"