Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

MAKALAH BAHASA INDONESIA “MENGGALI HOBI, MEMBANTU MENGHIDUPI”


MAKALAH BAHASA INDONESIA
“MENGGALI HOBI, MEMBANTU MENGHIDUPI”

 













Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)

Disususn Oleh:            1. Miftakhur Rohmah
2. Abdul Rohman Syamla
3. Muhammad Faiq Nafingi
4. Nova Retnowati
5. Riski Irfani
6.  Sinta Nuri Kurnia




Institut Agama Islam Nahdlatul ‘Ulama Kebumen
Tahun Akademi 2017/2018
BAB I
PEMBUKAAN


KATA PENGANTAR

Globalisasi adalah keadaan dunia yang seperti berada dalam genggaman tangan kita. Sadar atau tidak dengan adanya globalisasi pasti mempengaruhi sisi-sisi lain kehidupan kita. Dunia tanpa batas, penuh dengan keanekaragaman dalam segala bidang. Untuk keanekaragaman yang mendominasi segala aspek kehidupan, kita sebagai mahasiswa sebagai agen perubahan harus memanfaatkan peluang semaksimal mungkin. Dibantu dengan adanya ilmu pengetahuan yang sudah sangat banyak sumber dan berbagai kemudahan mengaksesnya, akan sangat rugi jika kita masih bersantai menghadapi globalisasi ini.
Tidak terkecuali dengan mode dan fashion dalam busana muslim, baik untuk pria maupun wanita. Dituntut oleh perkembangan zaman yang berjalan sangat cepat gaya dan mode fashion muslim mengikuti arus gerak laju zaman. Berbagai inovasi yang berbeda selalu dimunculkan oleh perancang busana muslim untuk tetap memuaskan pelanggan. karena kepuasan pelanggan merupakan prioritas dan menjadi sumber rupiah yang menjajikan.
Untuk itu, penulis sengaja membuat makalah untuk pembaca sebagai sumber bacaan, ilmu sekaligus pengetahuan untuk seluruh pembaca yang ingin mencoba berbisnis dalam bidang busana muslim. Semoga makalah yang disusun oleh penulis dapat bermanfaat dan banyak membantu pembaca untuk memulai bisnis busana muslim.
Yang terakhir dari penulis mengucapkan selamat membaca untuk seluruh pembaca, dan kami segenap penyusun memohon maaf atas segala kesalahan dalam penulisan yang ada dalam penulisan makalah.


Penulis
LATAR BELAKANG

Latar belakang dibuatnya makalah ini adalah yang pertama karena danya tugas penelitian dalam mata kuliah makalah. Selanjutnya makalah ini dibuat berdasarkan prodi dan fakultas yang kami sekelomok ambil yaitu prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah, atau biasa disebut fakultas FEBI (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) . untuk itu, makalah ini dapat kami jadikan sebagai bekal untuk mengetahi dengan sebenar-benarnya bagaimana keadaan ekonomi khususnya yang berkaitan dengan bisnis busana muslim
Selain itu, kami juga menjadikan penelitian ini sebagai langkah awal uji keberanian (nyali) dalam berwawancara. Artinya dalam pembuatan makalah ini juga dilandasi unsur sosial yaitu hubungan antar manusia yang baik, bagimana kami dalam melaksanakan penelitian dengan metode wawancara ini bisa berinteraksi dengan baik. Tak lupa pula alasan kekompakan tim juga kami perhitngkan dalam pembuatan makalah ini. Dengan keadaan dimana kami adalah mahasiswa/mahasiswi semester awal atau biasa disebut mahasiswa baru (maba), sangat kami sadari bahwa kami masih kurang saling mengenal dan memahami satu sama lain. Dengan adanya pembuatan makalah ini yang disertai dengan penelitian langsung berupa wawancara, hal tersebut sangat membantu kami untuk saling berinteraksi dan menjalin hubungan yang baik.











BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN BISNIS
Membicarakan sebuah bisnis pasti menggambarkan tentang jual beli, uang dan keuntungan. Sudah banyak kita temui berbagai macam bisnis di negeri Indonesia ini. Sedari bisnis yang dikatakan sederhana sampai dengan bisnis yang sangat mewah. Semakin tinggi nilai rupiah sebuah bisnis akan semakin tinggi pula resiko yang harus ditanggung oleh seorang pebisnis.
Dalam ilmu ekonomi, suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen. Secara bahasa kata bisnis berasal dari bahsa Inggris yaitu business yang artinya sibuk. Dapat diartikan sibuk tersebut adalah mengerjakan sesuatu aktivitas atau pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam pokok pembahasan makalah ini bisnis yang dimaksud lebih condong dan spesifik pada bisnis busaba muslim. Dapat kita lihat bahwa perkembangan zaman di era millennium ini sangat pesat. Dimulai dari globalisasi yang merembah ke seluruh dunia, lalu disusul dengan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), penemuan-penemuan baru dan berbagai kemudahan lain untuk berinteraksi. Baik interaksi antar individu sampai antar negara. Dengan adanya perkembangan zaman yang serba canggih, tentunya semua bidang bisnis juga mengalami perubahan sedikit maupun banyak, tidak terkecuali dengan bisnis busana muslim.
Bisnis busana muslim sangat digemari oleh kaumn hawa, mereka suka dengan hal-hal baru, termasuk dengan fashion yang baru dalam busana muslim. Terlebih lagi untuk wanita, karena seorang wanita sangat memperhatikan penampilan dari ujung kaki sampai ujung kepala. Mulai dari baju, sepatu, deress, cardigan, hijab, sampai modelnya pun sangat bervariasi. Hal inilah yang menjadi suatu peluang bisnis unuk para calon pebisnis.
B.     PERSIAPAN BISNIS
Segala sesuatu memang harus dipersiapkan, dengan adanya persiapan ada pula perhitungan. Semua hal yang dipersiapkan dan diperhitungkan terlebih dahulu akan lebih kecil resiko kegagalannya, kalaupun ada resiko kegagalan akan lebih dini dicegahnya. Adapun persiapan dalam berbisni adalah sebgai berikut:
1.      Modal
Modal dapat berupa uang maupun barang, modal sangat perlu diperhitungkan untuk memulai sebuah bisnis. Dengan modal kita dapat menentukan seberapa kapasitas bisnis yang akan kita bangun. Sumber-sumber modal sangat beragam mulai dari uang sendiri, tabungan sampai berhutang.

2.      Strategi penjualan
Strategi penjualan adalah hal yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan suatu bisnis. Dengam strategi yang tepat maka akan tercapai target penjualan yang maksimal dan sesuai harapan. Banyak bisnis yang mampu memproduksi tapi tidak mampu untuk bersaing dalam hal penjualan, akhirnya sia-sia saja yang diproduksi karena ketiadaan pembeli.
Dikatakan dalam buku yang berjudul “marketing to women” yang berarti pemasaran untuk perempuan menyatakan bahwa seorang perempuan adalah objek yang paling tepat untuk target konsumen. Dapat dikatakn bahwa perempuan adalah konsumen paling kaya di dunia. Mereka adalah pembelanja baik dirumah tangga, perusahaan ataupada usaha kecil lainnya. Dapat kita akui bahwa selera belanja seorang perempuan berbeda jauh dengan laki-laki. Perempuan akan lebih mudah tertarik pada suatu hal yang baru dan dianggapnya sebagai hal yang menarik. Untuk itu bisnis busana muslim ini adalah bisnis yang tepat karena target konsumen pun akan lebih mudah dijangkau.
3.      Analisis SWOT dalam usaha
S= strength (kekuatan)
Kekuatan biasanya dikatakan dengan keunggulan, yang dimaksud keunggulan dalam bisnis busana dapat dinilai dari sudut pandang kualitas produk, manajemen, pelayanan, tempat dan hal-hal lainnya. Kekuatan ini harus kita maksalkan untuk tercapainya bisnis yang sukses.

W= Weaknesses (kelemahan)
Ananlisis kelemahan dalam bisnis dapat dimanfaatkan sebagai motivasi untuk terus memperbaiki diri dalam bisnis. Dengan tau akan posisi kelemahan suatu bisnis, kita akan lebih tepat dalam menempatkan diri. Dengan kata lain kita akan bisa memperhitungkan dimana kita akan bersaing.

O= Opportunities (peluang)
Peluang adalah sebuah harapan dan kesempatan diaman kita akan maemasukkan produk yang kita miliki. Peluang dapat kita peroleh dari berbagai hal, dimulai dari teman, tempat tinggal, keluarga, lingkungan sampai dengan dunia maya. Peluang harus ditangkap dan dicerna sebaik mungkin.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

T= Thteats (hambatan)
Dalam sebuah usaha bisnis tidak mungkin selamnya bik-baik saja. Pasti ditengah jalan bahkan dari awal bermulainya sebuah bisnis terdapat banyak hambatan. Mengetahui hambatan yang akan dilalui berarti dapat menentukan pemecahan yang paling tepat untuk menghadapi hambatan tersebut



4.      Kiat sukses seorang pebisnis
Menjadi pebisnis buaknlah hal yang mudah, namun bukan pula hal yang sulit. Pebisnis harus memberiakn layanan yang baik untuk konsumen, berbagai hal dalam bisnis boleh saja dilakukan asal masih dalam lingkup sesuai hukum yang berlaku. Banyak yang dilakukan oleh para pebisnis untuk kejayaan bisnisnya mulai dari menggelar lapak sampai online shop. Jika kita berbisnis, seorang pebisnis haruslah bersaing secara sehat bukan saling menjatuhkan apalagi sampai melanggar aturan-aturan hukum yang ada.
Kiat sukses bukan hanya darai semangat kerja keras dan keunggulan, tapi harus pula diimbangi dengan kepemimpinan yang baik. Dala buku “Warisan Kepemimpinan Jawa Untuk Bisnis” dikatakan bahwa seorang pemimpin yang ideal harus mempunyai prinsip 7T (Toto, Titi, Titid, Temen, Tetep, Tatag dan Tatas) dengan baik.. 3T yang pertama adalah suatu skill atau keterampilan yang juga dipengaruhi oleh kecerdasan seorang pemimpin. Toto adalah terarur, titi adalalah teliti, dan titis adalah tepat. Sedangkan 4T berikutnya adalah suatu sikap dan tekad yang diwujudkan dalam bentuk perilaku atau action. Temen, tetep, tatag dan tatas merupakan komitmen dan niat yang harus terwujud dalam kepemimpinan. Dengan keunggulan yang kita miliki yang mayoritasnya adalah orang-orang berasal dari Jawa, kita harus bisa menghayati ke tujuh nilai Jawa tersebut dengan baik. Tidak cukup menghayati juga harus menerapkan dalam dunia bisnis. Karena seorang pemimpin adalah stir untuk siapa saja yang dipimpinnya. Dapat dikatakan bahwa maju atau tidaknya suatu bisnis tergantung pada pemimpinnya. Pemimpin adalah penentu langkah, pengambil keputusan dan tentunya sebagai acuan untuk semua yang dipimpinnya.                                                                                    



C.     MENGGALI HOBI MEMBANTU MENGHIDUPI
Judul makalah “Menggali Hobi Membantu Menghidupi” sengaja ditulis berdasarkan pengalaman atas dasar penelitian wawancara yang kami lakukan. Setelah melakukan wawancara dengan narasumber adalah pemilik Ucha fashion, kami menangkap suatu pemikiran bahwa peluang usaha yang diambil oleh narasumber kami berasal dari hobinya. Dimulai dari kegemaran membeli, mengoleksi berbgai hijab, akhirnya terbesit pemikiran untuk menjualnya dan hasilnya pun lumayan untuk membantu kebuthan rumah tangga. Pada awalnya dikatakan bahwa dulu memulai bisnis hanya bermula dari hijab dan menjualnya pun hanya diteras saja. Singkat cerita bisnis pun mulai berkembang hingga akhirnya ada sebauah bangunan yang digunakan untuk berjualan. Hingga akhirnya berdiri sendiri hingga saat ini.
      Kiat sukses bukan hanya darai semangat kerja keras dan keunggulan, tapi harus pula diimbangi dengan kepemimpinan yang baik. Dala buku “Warisan Kepemimpinan Jawa Untuk Bisnis” dikatakan bahwa seorang pemimpin yang ideal harus mempunyai prinsip 7T (Toto, Titi, Titid, Temen, Tetep, Tatag dan Tatas) dengan baik.. 3T yang pertama adalah suatu skill atau keterampilan yang juga dipengaruhi oleh kecerdasan seorang pemimpin. Toto adalah terarur, titi adalalah teliti, dan titis adalah tepat. Sedangkan 4T berikutnya adalah suatu sikap dan tekad yang diwujudkan dalam bentuk perilaku atau action. Temen, tetep, tatag dan tatas merupakan komitmen dan niat yang harus terwujud dalam kepemimpinan. Dengan keunggulan yang kita miliki yang mayoritasnya adalah orang-orang berasal dari Jawa, kita harus bisa menghayati ke tujuh nilai Jawa tersebut dengan baik. Tidak cukup menghayati juga harus menerapkan dalam dunia bisnis. Karena seorang pemimpin adalah stir untuk siapa saja yang dipimpinnya. Dapat dikatakan bahwa maju atau tidaknya suatu bisnis tergantung pada pemimpinnya. Pemimpin adalah penentu langkah, pengambil keputusan dan tentunya sebagai acuan untuk semua yang dipimpinnya.                                                                                    
BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dalam ilmu ekonomi, suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen. Secara bahasa kata bisnis berasal dari bahsa Inggris yaitu business yang artinya sibuk. Dapat diartikan sibuk tersebut adalah mengerjakan sesuatu aktivitas atau pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Perlu diketahui juga bahwa bisnis busana muslim adalah suatu pilihan bisnis yang tepat, karena kebanyakan dari masyarakat Indonesia adalah muslim
Untuk memulai sebuah bisnis segala sesuatunya harus selalu diperhatikan di perhitungkan. Seperti modal, strategi penjualan, analisis SWOT bisnis dan kiat sukses menjadi seorang pebisnis.


B.     SARAN-SARAN
1.      Memulai bisnis harus dipersiapkan dan diperhitungkan
2.      Lakukan analisis SWOT terhadap bisnis yang dijalani, agar kita tau langkah apa yang harus kita ambil dalam berbisnis
3.      Menjadi seorang pebisnis sebaiknya mengikuti arah pekembangan zaman sehingga tidak ketinggalan dengan yang lainnya
4.      Jadilah pebisnis yang  kreatif dan semangat dalam berbisnis                                                                                                                                                                          
                                               

C.     DAFTAR PUSTAKA
Barletta, Martha. 2004. Marketing to Women. Jakarta. PPM Penerbit
Danisworo, Suryo. 2009. Warisan Kepemimpinan Jawa Untuk Bisnis. Jakarta. PPM Penerbit         
http://renitafebriyanti.wordpress.com/2015/10/25/bisnis-busana-muslim                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

Post a Comment for "MAKALAH BAHASA INDONESIA “MENGGALI HOBI, MEMBANTU MENGHIDUPI”"