Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

pembelajaran Al Qur’an berbasis internet di situs ayobelajarngaji.com dan ayobelajarngaji.com



BAB I
PENDAHULUAN 




A. Latar Belakang
Teknologi informasi dan komunikasi seakan telah mendarah daging didalam diri setiap manusia di era ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah menglobal mampu mencakupi segala aspek yang ada dalam kehidupan. Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni, pendidikan, dan bahkan Agama. Dalam bidang Agama, TIK banyak memiliki peranan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalihfungsian buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional. Teknologi informasi menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.
Mempelajari mata kuliah Al Qur’an dan Media  merupakan salah satu kwajiban mahasiswa prodi IQT fakultas Ushuluddin. Dengan tujuan memperdalam keilmuan, dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah, sehingga terwujudlah mahasiswa yang cerdas, beriman, bertaqwa berdasarkan nilai-nilai yang terkandung didalam Al Qur’an dan Al Hadits.
Dari makalah yang disusun, penyusun   berharap mampu memberikan kontribusi yang positif akan gambaran tentang Pembelajaran Al Qur’an Berbasis Internet yang lebih dapat diaplikasikan dalam memperdalam kelimuan tentang tafsir Al Qur’an serta mampu mengaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.


B.  Rumusan Masalah
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam proses penyusunan makalah ini adalah :
1.      Apasaja pembelajaran Al Qur’an berbasis internet?
2.      Apakah qur’anlearningcenter.com itu?
3.      Apa konten/isi dari qur’anlearningcenter.com?
4.      Apakah ayobelajarngaji.com itu?
5.      Apa konten/isi dari ayobelajarngaji.com?

C. Tujuan Penulisan
Pada dasarnya tujuan penulisan atau penyusunan makalah adalah
1.        Mengetahui pembelajaran Al Qur’an berbasis internet
2.        Mengetahui qur’anlearningcenter.com itu
3.        Mengatahui konten/isi qur’anlearningcenter.com
4.        Mengetahui ayobelajarngaji.com itu
5.        Mengetahui konten/isi ayobelajarngaji.com









BAB II
PEMBAHASAN
1.        Pengertian Pembelajaran Al-Qur’an
Kata pembelajaran merupakan perpaduan dari dua aktivitas yaitu, belajar dan mengajar. Pembelajaran Al-Qur’an adalah proses belajar mengajar mengenai bagaimana memahami dan menjelaskan makna dari Al-Qur’an serta mengeluarkan hukum – hukum yang terdapat di dalamnya, agar kita tidak salah dalam melaksanakan apa saja perintah dan larangan yang ada di dalam kedua pusaka tersebut.
Pembelajaran berbasis Web adalah suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs (website) yang bias diakses melalui jaringan internet. Pembelajaran berbasis Web atau yang dikenal juga dengan Web Based Learning, merupakan salah satu jenis penerapan pembelajaran elektronik (E-learning). Atau dapat juga dikatakan sebuah pengalaman belajar dengan memanfaatkan jaringan internet untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi pembelajaran.[1] Adapun pembelajaran Al Qur’an berbasis web:
a.      Quranlearningcentre.com
Quran Learning Centre (QLC) merupakan lembaga yang didirikan dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat akan perlunya lembaga pendidikan pembelajaran Quran yang baik dan mudah. Dilengkapi dengan sarana dan fasilitas yang modern serta didukung oleh instruktur terpilih dan profesional.QLC didirikan di awal 2011 denganprogram kelas pertama pada bulan Agustus 2011. Salah satu produk unggulan yang telah diluncurkan adalah cara cepat baca Qur’an Metode An Nuur yang sudah mencapai ratusan ribu copy. Metode ini telah membantu ratusan ribu umat Islam terbebas dari buta baca Al-Qur’an.


Gedung QLC terletak di salah satu jalan protokol ibukota Jl. Buncit Raya No. 18E, Jakarta Selatan 12740. Gedung baru ini memiliki 12 kelas reguler, 1 kelas eksekutif dan 1 aula multiguna yang terletak di 6 lantai dilengkapi dengan metode pengajaran secara multimedia. Sarana gedung termasuk koneksi wi-fi di seluruh area gedung, jaringan intranet, lift, lobby lounge, mini library dan 1 lantai mushalla.
Instruktur QLC adalah instruktur pilihan hasil seleksi ketat dengan basis pendidikan S1 dan S2 dari institut pendidikan Islam terkemuka di Indonesia. Dewan pelaksana pendidikan didukung oleh ustadz dan akademisi antara lain Drs. HM Rosyady, SE, SH, MM, MBA; Dr. Halid Alkaf, dan Dr. Umar Haddad. VISI
Mewujudkan keberadaan dan keswadayaan QLC sebagai pusat pendidikan spiritual Islam terbaik dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia Indonesia yang memiliki nilai-nilai, pemahaman dan pengetahuan keislaman yang tinggi.
MISI
·         Mendirikan dan membentuk lembaga pendidikan dengan melibatkan masyarakat dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang peningkatan kemampuan sumber daya manusia Indonesia.
·         Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Indonesia yang serasi dan selaras khususnya di bidang spiritualisme Islam melalui usaha-usaha yang teratur, terencana dan berkesinambungan.
·         Menyelenggarakan program pendidikan dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Keunggulan
1.      Menerapkan Metode Mudah Membaca Al-Qur’an, pionir metode pengajaran membaca cepat Al-Quran
2.      Tempat dan fasilitas modern
3.      Instruktur terbaik, terpilih secara selektif
4.      Materi pengajaran secara multimedia.
KEUNGGULAN QLC
a.       Jaminan Keberhasilan
Peserta dijamin berhasil dalam belajar karena peserta diberi kesempatan untuk mengulang kembali sesi kelas di level yang sama di kesempatan lainnya. Jaminan ini siberikan untuk peserta yang belum lulus atau ingin memperdalam kembali pelajaran yang telah dipelajari.
b.      Perhatian Secara Personal
Peserta dapat melanjutkan sesi khusus dengan instruktur di luar jadwal sesi  konsultansi secara personal
c.       Fleksibilitas
Dengan kurikulum yang terstandarisasi, Peserta dapat melakukan pindah kelas apabila berhalangan hadir pada kelas terjadwal. Setiap sesi terjamin menerapkan silabus yang sama dan standar.
d.      Anggota Seumur Hidup
Sekali terdaftar, Peserta sudah tercatat sebagai anggota keluarga besar QLC. Dan berhak untuk ikut dalam kegiatan-kegiatan QLC lainnya seperti taushiyah, seminar, dan lain-lain.
PELAKSANAAN PROSES BELAJARMENGAJAR
QLC menerapkan standar tinggi dalam proses belajar mengajarnya sehingga kualitas pendidikan dapat dipertanggungjawabkan. Tenaga instruktur dengan basis pendidikan S1 dan S2 dipilih dari lulusan perguruan tinggi keislaman terkemuka di Indonesia. Materi dan metode pendidikan disusun sesuai kebutuhan nyata. Seluruh pelaksana proses belajar mengajar terlibat dalam penyusunan materi dan metode pendidikan sehingga dapat terus dikembangkan secara berkesinambungan.
FASILITAS
·         PELATIHAN
QLC merupakan organisasi belajar, dimana SDM yang terlibat di dalamnya memiliki kesadaran tinggi untuk terus meningkatkan kualitas dirinya. Secara organisasi, QLC rutin melakukan pelatihan agar dapat dihasilkan tenaga yang mahir, handal & berpengalaman, guna memastikan terwujudnya kualitas pendidikan yang tinggi dan kenyamanan bagi peserta didik.
·         PELAYANAN TERBAIK
Hal terpenting bagi QLC adalah memastikan bahwa setiap peserta didik akan mendapatkan perhatian khusus serta profesionalisme kerja dari instruktur, staff dan manajemen QLC sebelum, selama dan sesudah pendidikan.
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Nilai tambah merupakan pedoman dasar yang diemban oleh QLC dalam memberikan pelayanannya kepada peserta didik. Untuk itu, tidak saja instruktur yang terlatih dan berkualifikasi tinggi, pengembangan perangkat teknologi pendidikan juga menjadi komitmen QLC. Penggunaan perangkat multimedia dan teknologi pendidikan lain akan terus ditingkatkan dalam proses belajar mengajar.
·         KEMAMPUAN MANAJERIAL DAN PEMASARAN
Kami menyadari tanpa pelayanan yang baik dan profesionalisme kerja dari staff kami, prosedur operasi dan pelaksanaannya tidak mungkin dapat memenuhi keinginan peserta didik. Untuk itu QLC selalu menjaga kebersamaan kerja tim dan melakukan beberapa strategi pemasaran dan kegiatan promosi lainnya dalam usaha untuk selalu menjaga kesinambungan operasional.[2]






Konten dalam QLC


1.      Layanan QLC berupa menu program, berita, kegiatan, mutiara kebijakan, download, QLC store, daftar sekarang
A.    Pada menu program memiliki dua konten yaitu Metode Cepat Membaca Al Qur’an dan Kelas Tadarus Khatam Al Qur’an

a.       Metode Cepat Membaca Al Qur’an
Memiliki level-level
·      LEVEL BASIC
Kelas belajar membaca Al-Quran sejak dari dasar dengan metode An Nuur. Kelas ini ideal bagi pemula dan pada akhir kelas akan memiliki standar kelulusan dapat membaca Al-Quran.
Di kelas Basic dipelajari:
  1. Memahami Angka Arab Metode An Nuur
  2. Mengenal Huruf Hijaiyyah Metode An Nuur
  3. Mengenal Tanda Baca
  4. Memahami Tajwid sederhana Metode An Nuur
  5. Praktek membaca 6 Surah
·         LEVEL INTERMEDIATE
Kelas belajar Al-Quran tingkat lanjutan dimana dipelajari tajwid untuk membaca dengan baik, benar dan lancar. Pada akhir kelas akan memiliki standar kelulusan dapat membaca Al-Quran dengan baik, benar dan lancar.
Di kelas Intermediate dipelajari:
  1. Memahami Tajweed tambahan
  2. Pelancaran membaca surah
  3. Praktek membaca 14 Surah
·           LEVEL ADVANCE
Kelas lanjutan akhir dimana disempurnakan cara membacanya. Pada akhir kelas akan memiliki standar kelulusan kesempurnaan membaca dan khatam Juz Amma.

Di kelas Advance dipelajari:
1.        Penyempurnaan pemahaman Tajweed
2.        Penyempurnaan membaca surah
3.        Praktek membaca 18 surah[3]
b.      Kelas Tadarus Khatam Al Qur’an, didalam konten ini syarat dan ketentuan berlaku.
B.     Berita




C.     Kegiatan

D.      Mutiara kebajikan

E.        Download
F.        QLC store
G.       Daftar sekarang

b.      Ayobelajarngaji.com
Ayobelajarngaji.com adalah sebuah situs website bimbingan belajar membaca Al Qur’an online, gratis, mudah, cepat, mudah, dan praktis untuk pemula dewasa.[4]

Konten dalam situs web
1.      Materi Jilid 1, terdapat materi pengenalan hijaiyah, tanda baca, serta latihan. Misal pada Hijaiyah 1



2.      Materi Jilid 2, terdapat materi mengenal tanda baca 2, belajar hijaiyah 6 dan 7, belajar tajwid, waqaf, serta latihan.










BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Dari makalah yang telah disusun, dapat disimpulkan bahwa Quran Learning Centre (QLC) merupakan lembaga yang didirikan dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat akan perlunya lembaga pendidikan pembelajaran Quran yang baik dan mudah. Dilengkapi dengan sarana dan fasilitas yang modern serta didukung oleh instruktur terpilih dan profesional.QLC didirikan di awal 2011 dengan program kelas pertama pada bulan Agustus 2011. Salah satu produk unggulan yang telah diluncurkan adalah cara cepat baca Qur’an Metode An Nuur yang sudah mencapai ratusan ribu copy. Metode ini telah membantu ratusan ribu umat Islam terbebas dari buta baca Al-Qur’an.
Ayobelajarngaji.com adalah sebuah situs website bimbingan belajar membaca Al Qur’an online, gratis, mudah, cepat, mudah, dan praktis untuk pemula dewasa, dimana didalamnya berisi konten tentang pembelajaran membaca Al Qur’an.

KRITIK DAN SARAN
     Demikian makalah yang kami susun, semoga bermanfaat. Apabila terdapat kesalahan kata dan penyusunan penyusun memohon kritik dan saran serta permohonan maaf yang sebesar-besarnya.


DAFTAR PUSTAKA
http://www.quranlearningcentre.com/


[1]http://mardiahdhya.blogspot.com/2015/05/v-behaviorurldefaultvmlo.html
[2]http://www.quranlearningcentre.com/tentang_qlc/#profil
[3]http://www.quranlearningcentre.com/program/read/22/metode-cepat-baca-quran
[4]http://ayobelajarngaji.com/

Post a Comment for "pembelajaran Al Qur’an berbasis internet di situs ayobelajarngaji.com dan ayobelajarngaji.com"