Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

kegiatan bermanfaat, memanfaatkan waktu liburan dipondok

Assalamu'alaikum warahmatullahi ta'ala wabarokatuh.



Halo, teman-teman. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang kegiatan bermanfaat saat pondok lockdown atau liburan.

Wabah virus Corona atau COVID-19 menyebabkan pemerintah mengambil tindakan untuk mencegah penyebaran virus Corona tersebut. 

Nah, efek dari kebijakan pemerintah berimbas pada kegiatan dipondok pesantren. Dimana banyak pondok pesantren yang memulangkan santri-santrinya secara berkala.

Namun, bagi kalian yang tidak pulang atau menjadi bagian ahli Ndalem, saya ada beberapa kegiatan yang bisa menjadi solusi memanfaatkan waktu sepi seperti waktu liburan.

Berikut beberapa kegiatan bermanfaat, memanfaatkan waktu liburan dipondok.

1. Berolahraga


Dengan lockdown atau liburannya pondok, alhasil ngaji paginya libur dong, hehe. Nah, karena waktu ngaji pagi kosong, kalian bisa memanfaatkan waktunya untuk olahraga.

Misal olahraga jogging pagi, keliling komplek pondok. Atau sekedar naik turun tangga kamar.

2. Membaca Al-Qur'an


Waktu yang banyak akan lebih leluasa untuk membaca Al-Qur'an. Setidaknya kita tidak tergesa-gesa karena tidak ada aktivitas lain yang menunggu. Bagi yang hafalan juga seharusnya bisa fokus muroja'ah, karena suasananya yang tenang, tidak banyak orang yang berlalu-lalang.

3. Menembel Kitab 


Bagi kalian yang ngajinya sering bolong, hehe. Kalian bisa memanfaatkan waktu-waktu seperti ini untuk menembel Kitab kalian yang maknanya masih bolong-bolong.

Mungkin, sekian dari saya.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi ta'ala wabarokatuh

Post a Comment for "kegiatan bermanfaat, memanfaatkan waktu liburan dipondok"