Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Kyai-ku, Pak Ali

Oleh : @elrosyadi296



Kenalin gue, luthfi.

Gue merupakan salah satu santri di pondok pesantren al-istiqomah. Ato lebih dikenal dengan YAPIKA (yayasan pendidikan al-istiqomah karya guna). Gue terbilang sudah cukup lama (sudut pandang orang baru mondok), terbilang belum apa-apa (sudut pandang santri tulen). 6 tahun, sepertinya segitu hitungan tahunnya.

Apa yang akan gue tuliskan ?

Pertama, karena gue bukan ahli nulis dan bukan jurusan jurnalistik. Maka tulisan gue belepotan bak belut nyemplung lumpur. Oleh karena itu, gue pribadi minta maap sebesar-besarnya.

Kedua, karena aslinya gue pendiem (meski otak selalu berontak kalo gue diem, tapi mulut kagak tau mau ngomong apa). Maka tulisan ini sebagai alternatif jalan pengungkapan.

Jika elu belum tau kyai gue, gue kenalin deh.

Nama beliau, K.H Ali Mu’in Amnur, Lc., M.Pd.I (untuk tempat tanggal lahir, maap aje kagak gue sertain, hehe)

Di kalangan kami (santri pon-pes al-istiqomah tanjungsari), Pak Ali (sapaan akrab beliau) merupakan panutan, dari segala segi bidang kehidupan. Dalam setiap pengajian beliau, sebuah kata-kata mutiara yang selalu membangkitkan semangat yaitu “emas dimanapun tetap emas”.

Beliau sering bercerita tentang kisah beliau mondok dulu. Yang intinya bahwa mondok sekarang tuh, ya jauh banget. Kagak kayak mondok dulu.

Beliau mengisahkan, bahwa dulu beliau bertahan mondok selama 3 hanya dengan makan sebatang budin (ubi kayu).

Ya, elah. Bayangkan kalo sekarang kayak gitu. Kayaknya bakal dilaporin HAM. Dengan tuduhan, penyiksaan karena santri tidak diberi makan layak. Hehe (peace)

Swear-lah pak bu, kalo emang bapak dan ibu bener-bener niat mondokkan anak. Insya Alloh, anak bapak ibu itu tidak akan mati kelaparan dipondok.

1.      ISTIQOMAH

Beliau selalu memberikan contoh untuk selalu ISTIQOMAH, seperti nama pondoknya. Akan tetapi, yaa wong namanya juga santri yang labil (sering ndlopang) ya masih dang-dong istiqomahnya. Hehe.

Beliau, kalo pagi mengaji di radio YAPIKA FM 107.8, yang juga di live streaming lewat FP YAPIKA FM. Tepat setelah dzikir sholat subuh. Ngreng, suara khas motor beliau melintas.

Dulu, sebelum beliau mengisi ngaji pagi di radio. (saat masih sekolah aktif) Beliau selalu ISTIQOMAH datang ke sekolah lebih pagi ketimbang murid-muridnya. Jangankan berangkat, mimpi juga kayaknya belom kelar.

Jadi, pas murid baru datang, halaman sekolah sudah bersih di sapu beliau. (maafkan kami, pak Yai)

2.      HUMBLE

Elu kagak tau arti humble, yah (nepok jidat).

Humble = rendah hati = tawadhu’

Saking tawadhu’nya beliau, kadang orang yang baru datang ke pondok ampe kagak tau kalo beliau itu Kyai. Swear.

Beliau selalu membaur dengan semua kalangan. Kalo pas bareng sama santri, yaa belaiu mau main bareng, sepak bola bareng, ke sawahpun  beliau ikut.

Bahkan kadang, beliau ikut membantu santri ketika ada acara. Yaa, hingga orang yang baru datang yaa kagak ngenalin. Dalam artian mereka yang belum ngerti, yaa biasa aja kayak sama orang biasa.

3.      SABAR

Wah, kalo ngomongin sifat sabar beliau. Swear gue…gue..euh. (ngomong ape gue)

Yah, elu kata, ngurusin anak orang sebanyak itu mudah ape, iya kalo yang rewel cuma anaknya, lah kalo orang tuanya ikut rewel. Emang ada ? yah, elu. Mondok geh bareng gue.

Ditambah lagi, kalo pengurusnya ikut rewel juga. Wkwk.. (gue contohnya) (maap keun)

Emang sih, yang rewel mah, kagak sebanding dengan yang kagak rewel. Tapi yang rewel itu menghasut yang kagak rewel, jadinya kan, nambah-nambahin.

Dihukum fisik, HAM menjadi tameng. Dihukum nasehat, ya elah cantol juga kagak.

Yaa, akhirnya disabarin.

Gue jujur nih.

Sebenernya, pondok al-istiqomah tuh jarang sekali bahkan bisa dibilang kagak pernah  yang namanye ngeluarin santri. Mereka yang badung dan ndugal itu sebenernya kagak dikeluarin, mereka keluar dengan sendirinya.

Dari pihak pondok, sebenernya ya fine-fine aja nerima mereka kembali, asal dengan catatan mau berubah, itu saja sih sebenernya. Mereka udah dibimbing, dihukum biar jera, tapi mereka yang tidak mau. Pada akhirnya mereka keluar sendiri.

4.      SIMPLE

Maksud gue sederhana.

Tampilan beliau mah, kagak ada neko-nekonya. Kagak pake aksosris ini-itu tetek bengek lainnya lah.

Terkadang beliau juga menunjukkan model cukuran beliau yang sederhana, kepada santri-santrinya, supaya mereka bisa meniru beliau. Eh, tapi yaa, ada-ada saja santri yang cukurannya bak lamotan pelok, slumbatan krambil, ditambah dalan tuma.

….

Dan sebenarnya masih banyak lagi dari sifat-sifat beliau…

Yaa, berhubung keterbatasan gue, gue Cuma sebutin 4 aje.

elrosyadi296
elrosyadi296 Seorang Santri Lulusan MA Jurusan IPS, Kuliah Jurusan Tafsir, Ngabdi Ngajar Ngaji, IPA dan Matematika, Hobi Coding Otodidak

Post a Comment for "Kyai-ku, Pak Ali"