Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Catatan Mondok 3


Hari Sabtu, 10 Mei 2014

1. Waktu sholat idul fitri dari mulai terbitnya matahari, sampai lingsir (matahari bergeser dari posisi puncaknya)

2. Jika sholat idul fitri, waktunya lebih disiangkan, sedangkan sholat idul adha lebih dipagikan.

3. Jika seseorang ingin mengqodho sholat :
- keutamaannya sholat qodho terlebih dahulu, kemudian sholat 'ada.nya
- wenang / boleh mengerjakan sholat 'ada.nya terlebih dahulu, baru kemudian sholat qodho.nya

4. Orang perempuan yang sedang haid, boleh ke masjid pada waktu sholat idhul adha, istisqo, gerhana, namun hanya untuk mendengarkan khutbah.

5. Boleh orang yang sudah sholat idhul fitri (anggota ormas) baru zakat (setelah sholat idhul fitri), jika orang tersebut barada di negara yang belum lebaran, ketika orang tersebut sudah lebaran terlebih dahulu.

6. Jika masjid luas, maka sholat I'D dikerjakan di masjid, tidak di lapangan. Karena masjid lebih utama dari lapangan.

7. Di Mekkah boleh sholat ba'da subuh dan ashar (karena pengecualian).

8. Bagi musaffir (ber'udzur) boleh berzakat fitrah ketika ketika atau boleh dilakukan sampai terbenamnya matahari pada hari pertama lebaran.

9. Pengertian orang miskin pada hari raya idhul fitri adalah orang yang tidak mempunyai beras atau makanan untuk memenuhi kebutuhannya orang tersebut sampai dengan hari kedua setelah lebaran.

10. Seseorang tidak wajib zakat fitrah jika orang tersebut tidak mempunyai makanan (beras) untuk kebutuhan sampai dengan h+2 lebaran, namun jika orang tersebut menerima zakat fitrah dan zakat fitrah tersebut bisa untuk memenuhi kebutuhan sampai dengan h+2 lebaran (-+10kg) maka orang tersebut wajib untuk zakat fitrah.

11. Bayi yang lahir setelah berbuka (malam I'D), maka bayi tersebut tidak dikenai zakat fitrah.

12. Jika sholat jamak qoshor sampai ditujuan masih menjumpai waktu sholat yang pertama, maka sholat yang kedua pada jamak qoshor batal dan harus sholat yang kedua dengan niat addal lillahi ta'ala.
..
{Pengajian K.H Amien Rosyid, B.A, di Kiwarisan, Rt 01/04, Kuthowinangun, pada hari Jum'at, 09 Mei 2014, pukul 15.30 - 16.15. Dan untuk pertama kalinya nderek Pak Yai}
elrosyadi296
elrosyadi296 Seorang Santri Lulusan MA Jurusan IPS, Kuliah Jurusan Tafsir, Ngabdi Ngajar Ngaji, IPA dan Matematika, Hobi Coding Otodidak

Post a Comment for "Catatan Mondok 3"