Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Urgensi Mukhtalifil Hadits

Bahwasanya memahami hadits Nabi SAW. dengan pemahaman yang sehat, kuat, dan jernih serta dalam, dan juga melakukan istinbat hukum dari hadits tersebut secara benar dan sah tidak bisa terlaksana dengan sempurna kecuali didukung dengan pengetahuan tentang Mukhtalafil Hadits, sehingga mau tidak mau bagi seorang ilmuan (‘ulama) yang berkecimpung dalam bidang tersebut memahami Mukhtalif Al-Hadits merupakan sebuah keniscayaan.

Saking pentingnya memahami Muhktalifil Hadits, para ‘ulama bervariasi dalam memposisikan Ilmu Muhktalafil Hadits diantaranya:

1. Ibnu Hazm Al-Dhahiri

Mengatakan: “dan ini (maksudnya adalah Ilmu Muhktalaf Al-Hadits) merupakan salah satu disiplin ilmu yang sulit, rumit bagi seorang ilmuan (Ahl Al-‘Ilm) dalam merumuskan atau menjabarkan nash-nash hadits”

2. Imam Abu Zakariya Al-Nawawi

Mengatakan: “dan ini (maksudnya adalah Ilmu Mukhtalaf Al-Hadits) merupakan salah satu fan ilmu terpenting. dan semua ‘ulama dari segala kelompok mutlak membutuhkan pengetahuan tentang ilmu ini.”

3. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah

Mengatakan: “sesungguhnya pertentangan (secara dhahir) antara beberapa petunjuk dalil dan melakukan tarjih pada sebagian dalil tersebut merupakan samudera yang sangat luas (artinya sangat luas dan rumit)”.
elrosyadi296
elrosyadi296 Seorang Santri Lulusan MA Jurusan IPS, Kuliah Jurusan Tafsir, Ngabdi Ngajar Ngaji, IPA dan Matematika, Hobi Coding Otodidak

Post a Comment for "Urgensi Mukhtalifil Hadits"