Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Jalan Hidup ibarat ROM Android

Jalan Hidup ibarat ROM Android
Oleh : @elrosyadi296
Manusia, dengan jalan pikiran mereka yang beragam, membuat kisah hidup mereka pun bermacam-macam. Ibarat sebuah android, hakekat jalan hidup manusia itu bak ROM original (asli bawaan pabrik). Artinya bahwa jalan hidup manusia pada hakekatnya sudah didesain dari awal. Yang mana manusia itu tinggal menjalankan dengan apa yang ada.

Begitu juga android, mereka pun didesain dengan instalasi ROM sesuai kemampuan hardware yang ada. ROM android selalu berkembang dari mulai versi 1 sampai yang terbaru Oreo, versi 8. Semakin tinggi versi ROM androidnya, maka hardware yang digunakan pun semakin berkualitas. Selain itu pula, fitur-fiturnya pun semakin canggih. Bahkan, aplikasinya pun semakin kompleks.

Tak ada android dengan versi ROM Donut, mempunyai fitur 4G, atau bahkan mampu menginstal aplikasi screen record. Tidak. Ukurannya pun masih terbilang kecil, hanya sekitar 100 mb.an. Dan itu pun tak ada pembaharuan. 

Namun, terkadang manusia yang merasa "kurang", akan melakukan "oprek" atau "root" dan menginstal CUSTOM ROM, demi mendapatkan tampilan seperti android versi tinggi. Ingat, hanya tampilan. 

Yang sebenarnya, itu akan berdampak pada hardware yang ada, meski perlahan. Bahkan, yang tidak berhasil dalam proses oprek atau root, sebuah android bisa bootlop, atau bahkan IC MMC rusak yang menyebabkan matot. Mungkin jika hanya bootlop, masih ada kemungkinan pulih kembali.

Sama halnya jalan hidup manusia. Setiap manusia mempunyai tingkat kemampuan berbeda. Maka jalan hidupnya pun berbeda. Namun, jika jalan hidup yang ada dilalui dengan rasa syukur dan ikhlas, maka semua terasa enak.

Semakin banyak rasa syukur dan ikhlas serta ridho, atas jalan hidup yang diberikan, maka akan banyak "fitur-fitur" yang menjadikan kita mudah dalam menjalaninya. 

Akan tetapi ketika manusia tidak ada rasa syukur, ikhlas dan ridho atas jalan hidup mereka, mereka pun akan mencari jalan pintas demi mencapai jalan hidup yang mereka inginkan. Meskipun, mereka bisa mendapatkannya, itu tidak akan bertahan lama, sebagaimana android hasil oprek atau root.

Mereka akan jatuh kembali, bersyukur bagi mereka yang masih bisa kembali kejalan hidup yang diridhoi, seperti halnya android bootlop yang masih bisa diperbaiki. Namun, tidak bagi mereka yang telah dimurkai, atas perbuatan mereka, seperti halnya android yang telah rusak IC MMCnya.

wallohu a'lamu bish showab
elrosyadi296
elrosyadi296 Seorang Santri Lulusan MA Jurusan IPS, Kuliah Jurusan Tafsir, Ngabdi Ngajar Ngaji, IPA dan Matematika, Hobi Coding Otodidak

Post a Comment for "Jalan Hidup ibarat ROM Android"