Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

MAKALAH SOFTWARE HADITS LIBRARY (MAUSU’AH HADITS ISLAM WEB.NET)

SOFTWARE HADITS LIBRARY
(MAUSU’AH HADITS ISLAM WEB.NET)

Makalah ini dibuat guna memenuhi tugas mata kuliah al-Quran dan Media pada semester V
Dosen Pembimbing: Shohibul Adib, M.S.I.





Disusun oleh:
Muhamad Samsul Jamaludin (1631048)

Fakultas Ushuludin Syariah Dan Dakwah
Prodi Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen
2018
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Al-Quran dan al-Hadis merupakan dua sumber hukum utama bagi umat Islam sebagai jawaban atas segala persoalan yang ada. Kajian terhadap keduanya telah dimulai sejak masa Nabi, masa kini dan tentunya masa-masa selanjutnya. Kajian nya pun telah mengalami banyak perkembangan dari waktu ke waktu.
Apabila masa dahulu, kajian harus dilakukan dengan membuka kitab-kitab tafsir maupun hadis secara langsung. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesatn, pada saat ini kajian dapat dilakukan melalui e-book, software, dll. Diantara software yang dapat dijadikan rujukan dalam mengkaji hadits yakni “mausu’ah al hadits”.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa itu software mausu’ah al hadits?
2.      Bagaimana pengoperasian software mausu’ah al hadits?
3.      Apa saja menu yang terdapat pada software mausu’ah al hadits?
4.      Bagaimana kelebihan dan kekurangan software mausu’ah al hadits?
5.      Apa salah satu contoh pembahasannya?
C.    Tujuan Pengkajian
1.      Dapat mengetahui deskripsi software mausu’ah al hadits
2.      Dapat mengoperasikan software mausu’ah al hadits
3.      Mengetahui menu-menu yang terdapat pada software mausu’ah al hadits
4.      Memahami kelebihan dan kekurangan software mausu’ah al hadits
5.      Mengetahui salah satu contoh pembahasan pada software hadits library




BAB II
PEMBAHASAN
1.      Deskripsi
Software mausu’ah al hadits merupakan salah satu software yang terdapat dalam website “islamweb.net” yang dibuat pada tahun 2012 dan kemudian dipasarkan secara gratis di situsnya . Software ini sangat membantu bagi para pengguna terkhusus bagi kalangan pendidik ataupun mahasiswa di kalangan universitas. Software ini berisi kumpulan kitab-kitab tafsir dan kitab ilmu al-Quran yang  menghimpun 16 kitab rujukan.
Islamweb adalah sebuah situs website yang berpusat di negara Qatar  dengan menganut paham Ahlu as-Sunnah wa al-Jama’ah. Di dalamnya terdapat berbagai pembahasan seperti aqidah, syari’ah, akhlak, bahasa dan juga seni. Situs ini berusaha untuk mencurahkan semua perhatian pada semua urusan dalam sektor kehidupan.
Kemudahan yang kita alami saat ini tidak lepas dari jasa para programmer yang ahli dalam pembuatan aplikasi/software. Dengan adanya aplikasi/software tersebut, kita tidak perlu lagi mencari secara manual dalam kitabnya langsung apabila ingin melakukan sebuah kajian. Kita hanya cukup menkaji lewat aplikasi/software yang telah tersedia.
2.      Pengoperasian Software
Apabila kita ingin menjalankan program aplikasi ini, maka kita diharuskan untuk mendownload terlebih dahulu pada halaman www.islamweb.net. File ini berbentuk RAR dengan kapasitas sekitar 472 MB. Untuk meng-instal software ini, diperlukan beberapa langkah:
a.       Meng-ekstrak file yang telah kita download
b.      Buka folder lalu pilih setup.exe
c.       Lakukan proses instalasi sampai selesai
Namun jika kita tidak menghendaki untuk mendownloadnya, kita juga bisa menggunakan software tersebut secara online tanpa perlu mendownload nya terlebih dahulu.
3.      Menu-menu dalam Software
·         الكتب
Menu ini berisi daftar kitab-kitab hadits yang hendak kita pilih menjadi rujukan maupun pembahasan. Ada lebih dari 1000 kitab Hadits yang dilengkapi dengan nama pengarang, tahun terbit (jika diketahui) serta banyaknya juz/jilid.
 










·        رواة الحديث
Menu ini berisi tentang Nama-nama perawi Hadits yang jika kita klik pada tiap-tiap perawi maka akan muncul 5 sub keterangan tentang perawi hadits. Seperti tahun lahir, asal kota tahun wafat, ketsiqohan, dsb.



Pada menu ini terdapat kolom pencarian hadit yang akan kita bahas dengan memasukkan cuplikan hadits pada kolom pencarian.
 







Menu tersebut berisi pembahasan lebih detail tentang perawi hadits baik dari segi sejarah maupun pemikirannya. Caranya dengan memasukkan identitas perawi pada kolom-kolom pencarian yang tersedia, kemudian setelah kolom terisi klik lafadz “bahtsun” pada bawah kolom.
 




Selain 4 menu utama pada mausuah hadits tersebut, ada juga menu-menu tambahan guna mendukung kelengkapan software , konten tersebut ialah :
·         أجزاء وفوائد
·         أخلاق
·         أمالي
·         تراجم وتواريخ
·         تفسير قرآن
·         زهد ورقائق
·         سنن وموطآت
·         سيرة وشمائل
·         صحاح ومستخرجات
·         عقيدة
·         علوم الحديث
·         علوم قرآن
·         فقه
·         مسانيد
·         مصنفات وجوامع
·         معاجم ومشيخات
·         مناقب الصحابة
·        موضوعات
Tema-tema diatas merupakan tema tambahan, dan jika di klik pada masing-masing akan keluar kitab yang membahasa tema-tema diatas serta tahun terbit jika diketahui, dan banyak juz-nya. Seperti pada gambar dibawah ini :
  





4.      Kelebihan dan Kekurangan Software
a.      Kekurangan
1.               Hanya tersedia dalam 5 bahasa saja, yakni arab, inggris, belanda, perancis dan spanyol sehingga harus mengetahui salah satunya
2.               Walaupun terdiri dari 5 bahasa, namun harus tetap menguasai bahasa utama yakni bahasa arab untuk memahami konten tersebut, karena mayoritas bahasa yang digunakan adalah bahasa arab
b.      Kelebihan
1.      Menampilkan isi kitab-kitab turots secara online dalam bentuk teks sebagaimana aslinya. Disebutkan pula penulis, cetakan kitab, tahun terbit, serta jilid dan halaman.
2.      Ketika ada satu ayat, maka bisa sangat mudah diketahui tafsirnya. Karena ketika kursor komputer berada persis diatas suatu ayat, maka akan langsung terlihat beberapa kitab tafsir terkait ayat itu. Tinggal klik salah satunya, maka kita akan dibawa ke kitab tafsir tersebut.
3.      Bisa untuk mentakhrij Hadits. Ini yang cukup bagus. Saya akan mencoba menjelaskan secara singkat penggunaannya.
Langkah 1:
Buka situs www.islamweb.net. Maka akan muncul layar sebagaimana dibawah ini. Ada beberapa tema bahasan dalam situs ini, baik mausu’ah atau ensiklopedi tafsir dan hadits, makalah, fatwa, konsultasi, audio, perpustakaan online, mawarits dan materi untuk anak-anak.
Klik dalam item mausu’ah.
Langkah 2:
Jika sudah diklik mausu’ah, maka akan masuk pada halaman berikutnya
Ada tiga item dalam halaman mausu’ah. Pertama, mausu’ah hadits, ini yang akan kita bahas. Kedua, Aplikasi Jawami’ul kalim. Aplikasi Jawami’ul kalim ini bisa didownload dan beroprasi offline, artinya tidak perlu koneksi internet jika ingin menjalankannya.
Aplikasi ini hampir sama dengan mausu’ah hadits diatas. Bedanya ia bisa beroprasi secara offline. Tetapi jika ingin mendownloadnya, akan butuh waktu yang cukup lama, karena filenya sekitar 1 Gigabyte lebih. Ketiga, tentang mausu’ah atau ensiklopedi tafsir.
Kita klik gambar mausu’ah al-hadits.
Langkah 3:
Langsung kita masuk kepada halaman berikutnya. Ada sekitar 1400 kitab hadits disini dari berbagai macam model dan varian kitab hadits.
Katika sudah masuk halaman ini, kita tinggal memasukkan hadits yang akan kita cari pada kolom pencarian. Agar lebih mempermudah, kita coba cari satu contoh hadits.
Langkah 4:
Setelah kita masukkan kata yang akan kita cari, klik enter.
Ada banyak hasil temuan hadits di kitab hadits. Kolom pertama dari kanan, tentang redaksi masing-masing di tiap kitab hadits. Kolom kedua tentang shahabat yang meriwayatkan hadits tersebut. Jika tidak diketahui nama shahabatnya, maka disebut sebagai hadits mursal.
Kolom berikutnya tentang nama kitab dimana hadits itu bisa ditemukan, lalu halaman, pengarang serta tahun wafatnya.
Sampai disini sebenarnya pengertian Takhrij tadi, yaitu mencari dimana kita bisa menemukan hadits tersebut dalam sebuah kitab hadits. Adapun kegiatan berikutnya adalah Dirosatul Asanid. Dirosatul asanid maksudnya mempelajari sanad atau jalan dari suatu hadits yang telah kita temukan di suatu kitab dan diriwayatkan oleh seorang rawi.
Dari beberapa temuan tadi, kita akan coba pelajari sanadnya. Sebagai contoh kita bisa klik pada nomor 2, yaitu terdapat pada kitab Musnad Imam Syafi’i misalnya. Klik pada kolom haditsnya.
Langkah 5:
Setelah kita klik, maka kita akan diarahkan pada halaman baru. Nama kitab: Musnad Imam Syafi’i (Tartib Sanjar), kitab al-Jana’iz, bab ad-Dafnu.
Ada Takhrij, Syawahid, Athraf, dan Asanid.
Langkah 6
Kita coba klik Takhrij. Maka akan keluar di kitab apa saja hadits itu disebutkan. Sebagaimana jika kita klik Syawahid, maupun athraf. Kita akan mengetahui di kitab apa saja hadits itu disebutkan.
Langkah 7:
Untuk mengetahui sanad-sanadnya, kita klik tombol asanid. Maka akan muncul tabel sebagai berikut:
Disinilah keistimewaan situs ini. Kita bisa dengan mudah mengetahui keadaan seorang rawi dari komentar Ulama’ al-Jarh wa at-Ta’dil terkhusus dari kitab Tahdzibul Kamal karya Jamaludin Abu al-Hajjaj al-Mizzy (w. 742 H) yang merupakan tahdzib dari kitab al-Kamal fi Asma’ ari-Rijal karya Abdul Ghani al-Maqdisi (w. 600 H)
Langkah 8:
Islamweb.net mempermudah kita mengetahui keadaan seoarang rawi dengan memberinya warna, apakah dia seorang shahabi, seorang yang tsiqah, hasanul hadits, dhoif, sampai muttaham bil-wadh’i atau tertuduh memalsukan hadits.
Tetapi tentu ini ijtihad islamweb dalam mempermudah saja. Karena dalam menilai keadaan seorang rawi suatu hadits, para Ulama’ pun berbeda pendapat. Maka salah satu perbedaan Ulama’ dalam penentuan suatu hukum, diantaranya disebabkan perbedaan meraka dalam menilai suatu hadits. Bisa saja satu orang itu dianggap hasan haditsnya oleh seorang Ahli hadits, tetapi oleh Ulama’ lain dianggap lemah.
Jika kita melihat sanad hasil hadits, ada beberapa rawi yang meriwayatkannya. Mulai dari kitab musnad Imam Syafi’i dari Ibrahim bin Muhammad (berstatus Sangat lemah) dari Ja’far bin Muhammad (berstatus hasanul hadits) dari Muhammad bin Ali (berstatus tsiqah) langsung kepada Nabi (disinilah letak mursalnya).
Tetapi ini baru kesimpulan sementara saja. Mungkin saja suatu hadits itu lemah dari satu sanad, tetapi ternyata ada sanad lain yang kuat.

Maka ketika ada seorang yang mendakwa suatu hukum dengan perkataan, “itu hadits dhoif”, sepatutnya kita mempertanyakan lagi: 1. Dhoif menurut siapa? 2. Apakah ada hadits lain yang shahih atau hasan? 3. Kenapa bisa dhoif? 4. Bagaimana para Mujtahid memandang hadits itu dalam penetapan suatu hukum?
Langkah 9:
Kita lanjutkan pada langkah berikutnya. Setelah kita tahu derajat hadits tadi dalam musnad Imam Syafi’i tartib Sanjar, kita coba telusuri lagi hadits tadi dari beberapa kitab yang lain. Kita akan lihat sanadnya juga.
Coba klik pada bagian Takhrij atau Syawahid:
Maka akan kita lihat sanad-sanad yang lain dari hadits itu. Disebutkan juga derajat hadits dari masing-masing sanad dilihat dari keaadan rawinya.
Langkah 10:
Inilah yang cukup baru dari belajar takhrij hadits, prosentase keshahihan suatu hadits.
Kita bisa tahu berapa saja hadits dengan lafadh yang sama dari kitab-kitab hadits dengan sanadnya masing-masing. Berapa jumlah hadits shahihnya, hadits hasannya, juga hadits dhoifnya.
Langkah 11:
Tentu dalam menetapkan keadaan seorang rawi, kita juga harus tau biografi dari rawi itu sendiri. Islamweb.net mempermudah kita mengetahui keadaan seorang rawi. Caranya masuk pada tema bahtsun lirruwah seperti penjelasan diatas.
Disitu dijelaskan tentang biografi rawi, nama, nasab, thabaqat, penilaian Ulama’ jarh dan ta’dil terhadap seorang rawi tadi, guru dan murid-muridnya.
Sangat penting mengetahui guru dan murid seorang rawi. Karena dengan itu kita bisa tahu apakah benar sanad suatu hadits itu bersambung atau tidak.
Contoh pembahasan, tentang hadits saling keutamaan memaafkan sesama.




  









BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Software mausu’ah al hadits merupakan salah satu software yang terdapat dalam website “islamweb.net” yang dibuat pada tahun 2012 dan kemudian dipasarkan secara gratis di situsnya. Software ini berisi kumpulan kitab-kitab tafsir dan kitab ilmu al-Quran yang  menghimpun 16 kitab rujukan.
Terdapat beberapa menu dalam software mausu’ah al hadits yakni :
·          الكتب
·        رواة الحديث
Selain itu juga terdapat 18 menu tambahan guna memperlengkap software tersebut. Sedangkan kekurangan dan kelebihannya diantaranya ialah :
a.      Kekurangan
1.      Hanya tersedia dalam 5 bahasa saja, yakni arab, inggris, belanda, perancis dan spanyol sehingga harus mengetahui salah satunya
2.      Walaupun terdiri dari 5 bahasa, namun harus tetap menguasai bahasa utama yakni bahasa arab untuk memahami konten tersebut, karena mayoritas bahasa yang digunakan adalah bahasa arab
b.      Kelebihan
1.      Menampilkan isi kitab-kitab turots secara online dalam bentuk teks sebagaimana aslinya. Disebutkan pula penulis, cetakan kitab, tahun terbit, serta jilid dan halaman.
2.      Ketika ada satu ayat, maka bisa sangat mudah diketahui tafsirnya. Karena ketika kursor komputer berada persis diatas suatu ayat, maka akan langsung terlihat beberapa kitab tafsir terkait ayat itu. Tinggal klik salah satunya, maka kita akan dibawa ke kitab tafsir tersebut.
3.      Bisa untuk mentakhrij Hadits. Ini yang cukup bagus.


B.     Kritik dan Saran
Demikian yang dapat penulis sajikan, mungkin banyak kesalahan atau kekeliruan dalam menulis karena ini semua jauh dari kesempurnaan penulis. Penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca agar penulis bisa memperbaiki makalah ini menjadi lebih baik. Dan semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Amiin.

DAFTAR PUSTAKA
            Zemakhsyari, Nilna Fadlillah. 2016. ”Software Ensiklopedi”. Studi Ilmu-Ilmu al-Quran dan Hadis. Vol. 17 No. 2
Kholiliana, Ulfah Nefiyanti. “Mausu’ah al-Tafasir wa ulum al-Quran”,(http://mybarokahblog.blogspot.com diakses 17 September 2018)


Post a Comment for "MAKALAH SOFTWARE HADITS LIBRARY (MAUSU’AH HADITS ISLAM WEB.NET)"