Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Mengenal Sosok K.H. Sholahudin Atau Gus Sholah, dan Perjalanan Hidup Beliau


Hari Minggu, (02/02/2020) pukul 20.55 WIB, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, K.H Sholahudin atau Gus Sholah, telah berpulang ke rahmatulloh. Yang sebelumnya beliau dirawat di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta, sejak 31 Januari 2020.

Biografi


K.H. Sholahudin atau lebih dikenal dengan Gus Sholah adalah adik kandung dari presiden RI ke-4, dan merupakan anak ke-3 dari 6 bersaudara, dari pasangan K.H Wahid Hasyim dengan Nyai Sholichah. Beliau lahir pada hari jum’at tanggal 11 September 1942.

Sebagaimana peribahasa, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, Gus Sholah juga tidak jauh berbeda dengan ayahandanya, yang seorang ulama, aktivis, politikus, dan juga tokoh HAM.

Masa Pendidikan


Pendidikan sekolah dasarnya ditempuh di Sulawesi, kemudian melanjutkan sekolah menengah pertama di SMP 1 Cikini, dan berlanjut di SMA Budi Utomo. Setelah lulus SMA, beliau masuk ke ITB (Institut Teknologi Bandung), dengan mengambil jurusan Arsitektur.

Beberapa jabatan yang pernah diemban oleh Gus Sholah antara lain, yaitu Ketua DPD Ikatan Konsultan Indonesia (Inkindo) DKI pada tahun 1989-1990, Sekretaris Jenderal DPP Inkindo pada tahun 1991-1994. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua PBNU periode 1999-2004.

  • Tahun 1957, beliau aktif dalam kepanduan Ansor.
  • Tahun 1966, beliau menjadi Dewan Pengurus Pendaki Gunung Wanadri.
  • Tahun 1991, beliau menjadi Sekjend Ikatan Konsultan Indonesia.
  • Tahun 1993, beliau menjadi Pemred Majalah Konsultan.
  • Tahun 1995, beliau mendirikan Ikatan Konsuntan Manajemen Indonesia dan menjadi dewan penasihat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia, serta menjadi Associate Director Perusahaan Konsultan Properti Internasional.
  • Tahun 1998, beliau menjadi anggota DPR.
  • Tahun 1998-1999 beliau menjadi Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Umat.
  • Tahun 1999 menjadi ketua PBNU. 
  • Tahun 2002, beliau menjadi wakil ketua Komnasham dan Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Pengembangan Indonesia serta menjadi dewan penasihat Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia.


Dimasa hidup, beliau dikenal sebagai pengusaha, terutama yang terlibat dalam bidang kontruksi. Selain itu, Gus Sholah merupakan juga seorang intelektual, yang banyak menulis di berbagai media massa nasional.

1 comment for "Mengenal Sosok K.H. Sholahudin Atau Gus Sholah, dan Perjalanan Hidup Beliau"