Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Niatan dalam Nge-blog

 Oleh : @elrosyadi296


Cerita Pribadi.
Jujur, saya mengenal dunia blogging sudah di kelas 2 smp. Sekarang sudah semester 5. Dan memang dari dulu sampai sekarang ini, cuman baru kenal-kenal doank, alias tidak diperdalam dan tidak ditekuni. Bahkan saya menuliskan cerita ini hanya untuk ikutan kontes Creator Contest ini. Ya, iseng-iseng buat nge-tes diri sendiri. Seberapa besar kemampuan saya dalam menulis. Memang sih, cuma cerita, tapi bagi orang yang tidak mudah bercerita itu akan jadi menyusahkan.
Awal kenal dunia blog.
Saya mengenal dunia blog ketika saya masih duduk di bangku smp. Pada saat itu, tugas untuk membuat makalah begitu banyak. Ya, berhubung diperbolehkan searching, saya memilih mencari di internet dan warnet adalah solusinya. Seiring berjalannya tugas yang dikerjakan. Saya memperhatikan sumber-sumber tulisan yang saya nukil dari internet. Dan saya baru tahu kalo yang saya kunjungi adalah suatu blog. Saya pun berfikir, "ah, kayaknya keren punya blog", akhirnya saya tertarik. Lalu mencari info cara membuat blog.  Setelah tahu caranya saya pun langsung membuat dengan domain blogspot. Awal-awal blog ini beralamat lr-adm.blogspot.com. Setelah blog saya jadi, saya pun bingung, apa yang akan saya postingkan.
Saya pin memutuskan untuk mengkopi pastekan apa yang saya cari di internet ketika ada tugas sekolah.
Masa Vacum of power.
Masa menggebu-gebu untuk posting diblog, akhirnya layu. Saya pun vacum dalam dunia blog. Dikarenakan faktor biaya yang pada waktu itu ssya harus main ke warnet buat nge-posting. Dan faktor pikiran saya yang sudah ada pergeseran "buat apa nge-blog cuman copas"
- Sekarang.
Hingga pada waktu saya SMA, saya masih jarang-jarang membuka blog saya, hingga saya hampir lupa password gmail yang terhubung dengan blog saya itu. Masuk dunia tugas sekolah kembali, membuat saya ingin membuka blog saya lagi. Dan kembali mengepostkan tulisan dari tugas-tugas yang saya kerjakan. Dan saya pun merubah alamatnya menjadi cari-iniitu.blogspot.com.
Sama seperti yang dulu, postingan saya hanya sebatas tugas sekolah.
Perjalanan saya dengan dunia blogging, agak berubah setelah teman saya mengenalkan saya dengan google adsense. Kata teman saya itu, "nge-blog sambil nyari penghasilan". Saya pun tertarik. Akhirnya saya coba untuk daftarkan blog saya itu. Awal mula tidak berhasil, tapi akhirnya di  approve juga.
Setelah perkenalan saya dengan google adsense, saya agak rajin nge-blog. Ya, meskipun postingannya kurang berbobot. Lambat laun, saya mencari-cari info mengenai "nyari penghasilan lewat blog", akhirnya saya nemu deh, yang namanya link referal. Saya pun ikutan pasang link referal dari beberapa program yang saya ikuti. Tapi, ada satu sisi yang jadi kelemahan, bahwa pengunjung blog saya masih sepi, meski umur blog saya sudah agak lama.
Saya pun mulai bermain search engine lagi, mencoba belajar keyword. Dan lain sebagainya supaya blog saya ramai. Tapi juga nilainya nol besar.
Blog saya pun agak vacum. Saya pun ingat kata-kata imam ghozali pada suatu buku yang pernah saya baca. Yang intinya bahwa suatu tulisan tidak akan hidup, jika si penulis hanya mencari penghidupan dari apa yang ia tulis.
Kata-kata imam ghozali itu benar-benar memukul mindset saya. Hingga saya pun bingung, apakah saya harus membuang link-link referal, dan yang lain-lain. Saya pun putuskan, apa yang telah ada biarkan saja. Untuk selanjutnya adalah niat yang dirubah.
Sampai tulisan ini saya tulis, saya meniatkan diri saya, bahwa nge-blog bukan untuk mencari penghasilan, tapi sebuah jalan untuk berkarya, menyajikan sebuah tulisan bermanfat. Meskipun, pada akhirnya saya juga hanya membagikan apa yang telah saya dan teman-teman saya kerjakan, seperti makalah, paper, dan lainnya.
Harapan saya, jangan menjadikan media berkarya (khususnya blogging) sebagai lahan mencari dollar yang utama. Karena jika itu yang dilakukan, maka kalian hanya sebatas mendapatkan dollar, tanpa dikenang karya-karya kalian diblog.
Mari menjadikan dunia blogging sebagai media berkarya tulis, yang bisa membagikan manfaat bagi siapapun yang membacanya, dan menjadi koreksi bagi diri kita jika ada kesalahan dalam memposting.
انتهى
والله اعلم بالصواب
elrosyadi296
elrosyadi296 Seorang Santri Lulusan MA Jurusan IPS, Kuliah Jurusan Tafsir, Ngabdi Ngajar Ngaji, IPA dan Matematika, Hobi Coding Otodidak

1 comment for "Niatan dalam Nge-blog"

  1. Thanks for sharing such informative blog. It really helped me a lot to learn new things about SEO. Keep on sharing informative and useful stuffs. Great blog!
    seo service in chennai
    seo services in chennai
    seo Company in chennai
    Best seo company in Chennai

    ReplyDelete