Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Perkembangan Blog Di Indonesia dan Sejarah Awal Mula Hari Blogger Nasional

 

Minggu, 27 Oktober 2019 merupakan hari spesial bagi para blogger Indonesia. Dimana setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional.

Apa itu Blog ?

Blog merupakan kependekan dari Web Log, yaitu sebuah aplikasi berbasis web yang berisi tulisan-tulisan. Blog pertama kali diperkenalkan oleh www.blogger.com milik Pyralab, yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2002. Seiring perkembangan zaman, media blog bukan hanya blogger.com saja, melainkan juga ada website lainnya yang menyediakan jasa blog, seperti misalnya wordpress.com.


Perkembangan Blog Di Indonesia.

Siapa yang sekarang tidak kenal dengan Raditya Dika. Seorang artis, komika, penulis, dll. Dapat dikatakan bahwa Raditya Dika merupakan orang yang mengawali karyanya dengan media blog. Yaitu dengan menerbitkan buku yang berjudul “Kambing Jantan”, yang sebelumnya merupakan diary harian yang ia tulis di blog pribadinya. Kemunculan, Raditya Dika ini menjadi tonggak perkembangan blog di Indonesia, sehingga memunculkan blogger-blogger baru.
Pada mulanya, blog memang digunakan sebagai media untuk tulis menulis, namun dengan seiring perkembangan zaman. Media blog berkembang bukan hanya sebagai media tulis menulis, akan tetapi juga digunakan sebagai media untuk berbisnis. Sehingga mulai banyak orang yang pindah profesi sebagai blogger.

Sejarah Awal Mula Hari Blogger Nasional.

Sebelum dijadikan sebagai Hari Blogger Nasional , tanggal 27 Oktober merupakan sebuah Pesta Blogger. Barulah pada tanggal 27 Oktober 2007, ketika itu Pesta Blogger dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Infromatika RI, Muhammad Nuh. Dan beliau mencanangkan bahwa pada tanggal 27 Oktober ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional.

1 comment for "Perkembangan Blog Di Indonesia dan Sejarah Awal Mula Hari Blogger Nasional"

  1. Informasi yang menarik. Terima Kasih sudah berbagi.

    Kunjungi juga website kami di www.ampmradio.net.

    ReplyDelete