Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Don Richardson dan Suku Sawi di Irian Jaya

Salah satu ahli teori misi praktis yang telah menarik banyak minat di dunia barat adalah Don Richardson pada bukunya Peace Child (Anak perdamaian) dan Lords of the Earth (Para penguasa Bumi ) yang dibuat ditujukan untuk orang orang Kristen awam ini menyajikan tentang kerumitan-kerumitan dalam mengkomunikasikan injil secara lintas budaya kepada orang orang non Kristen khususnya suku-suku yang jauh dari peradaban barat. Mungkin lebih dari misionaris lainnya di Amerika, dia bisa menarik baik orang awam maupun para ahli misiologi.

Prinsipnya tentang Redempitive Analogi (Analogi Penebusan) penerapan prinsip tentang prinsip ke-islaman kedalam budaya local telah menyebabkan antusiasme dan debat dalam siklus misiologi semenjak dia menjelaskan prinsip tersebut disebuah seminar di Dalls Theological seminary pada tahun 1973. Sejak saat itu pengaruhnya telah berkembang melalui buku-buku dan artikel-artikel yang ditulisnya, konferensi yang diadakan pembuatan film ‘Peace Child’ dan asosiasinya dengan US Center for World Mission di Pasadena.

Dalam suatu kebaktian di Prairie Bible Institute tahun 1955, Don Richardson adalah seorang pemuda yang saat itu masih berusia 20 tahun menjawab panggilan untuk terlibat dalam pelayanan misi ke luarnegeri. Panggilan yang dijawabnya bukanlah panggilan yang masih samar-samar untuk pergi ke suatu tempat yang belum jelas, tetapi merupakan panggilan yang sangat jelas untuk melayani suku-suku pengayauan (pemburu kepala manusia) di Netherlands New Guinea (sekarang Irian Jaya) ,dimana kekejaman merupakan cara hidup suku-suku tersebut. Banyak orang menghadiri kebaktian di Praire Bible Institue tersebut, dan mendengarkan khotbah dari Ebenerzer Vine yang berusia 71 tahun dari “Regions Beyond Missionary Unnion”

Tahun 1962 sesudah menyelesaikan kursus di Summer Institue of Linguistic sambil menunggu kelahiran putra pertamanya don dan carol berlayar menuju New guinea dimana mereka bergabung dengan pelayanan misionaris RBUM sampai mereka ditugaskan untuk melayani suku yang ditunjukya itu suku sawi, salah satu suku yang memiliki budaya yang merupakan gabungan dari kanibalisme dan pengayauan yang sangat berbahaya, tetapi don tidak pernah meragukan panggilan apapun yang telah ditugaskan kepadanya sekalipun kadang terbesit difikirannya tinggal bersama istri yang sedang mengandung disuatu suku yang berbahaya ini tapi ia tetap melanjutkan . Mereka sudah cukup menahan beban yang mereka derita selama makan tinggal disitu tapi lebih menderita lagi jika mereka tidak segera menguasai bahasa suku sawi, dan akhirnya ia belajar sampai dengan 8-10 hari ia fasih dalam berkomunikator dalam bahasa sawi.

Saat Don mempelajari bahasa sawi semakin mengenal penduduk sawi, ia mulai menyadari adanya rintangan-rintangan yang dihadapinya untuk mengenalkan ke-kristenan-nya dengan al-kitab dengan realita keganasan suku sawi yang tampaknya sangat sulit untuk dijembatani. Tiga desa kesukuan selalu dalam peperangan satu sama lain, karena tidak melihat pertumpukan darah, keluarga don mempertimbangkan untuk meninggalkan daerah itu selama ini don sudah membantu penduduk memperbaiki cara hidup mereka dengan teknologi modern dan carol merawat orang-orang membaca dan menulis, Carol juga merawat orang-orang sakit serta balita sehingga tingkat kematian menurun dengan peningkatan drastis mutu kesehatan mereka. Untuk menahan agar keluarga Richardson tidak pergi , orang-orang sawi dari suku-suku yang berperang memutuskan rapat perdamaian diantara orang-orang yang membenci itu. Dari bentuk perdamaian tersebut terdapat suatu cara salah satunya yaitu menukarkan diantara dua suku, bayi itu diantarkan oleh seorang pemimpin suku ke desa musuhnya dan memberikan anak itu untuk dibesarkan disuku musuh masing-masing sampai ia besar nanti dibesarkan disuku musuh itu selama “anak perdamaian” itu hidup, maka kedua suku itu akan damai, dan tidak akan berperang satu sama lain.

Setelah peristiwa itu banyak orang desa memeluk ke kristenan terjemahan perjanjian baru dalan bahasa sawi diterbitkan dan hampir 2.500 pasien orang sawi diobati oleh carol, dan dari situlah dibentuk suatu tempat untuk pertemuan orang Kristen diwilayah suku sawi, yang dibangun hanya dari batang-batang pohon yang tidak dipotong tipis dan didirikan pada tahun 1972. Keluarga Richardson kemudian meninggalkan orang sawi yang diurus oleh para pena tua gereja dari kalangan mereka sendiri dan dibantu oleh para misionaris lain, untuk mulai bekerja dikalangan pemakai bahasa Auyu.

Post a Comment for "Don Richardson dan Suku Sawi di Irian Jaya"