Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Larangan Meminta-Minta

1. Hadits

حديث ابن عمر رضى الله عنه أنّ رسول الله صلّى الله عليه وسلّم قال وهو على المنْبر وذكر الصّدقة والتّعفّف والْمسْألة: اليد العلْيا خير من يد السّفْلى، فاليد العليا هى المنفقة والسّفلى هى السّائلة (رواه البخاري و مسلم)

 حديث حكيْم بن حزام رضى الله عنه عن النّبيّ صلّى الله عليْه وسلّم قال اليد العليا خير منْ يد السّفلى، وابْدأ بمنْ تعول وخيْر الصّدقة عنْ ظهر غنى ومنْ يسْتعْففْ يعفّه الله ومنْ يسْتغْن يغْنه الله (رواه البخارى ومسلم)

 حديث أبي هريرة رضى الله قال: قال رسول الله صلّى الله عليه وسلّم: لأنْ يحْتطب أحدكم حزْمة على ظهره خيْر منْ أنْ يسْأل فيعْطيه أو يمْنعه (رواه البخارى و مسلم)

2. Mufradat

 التعفف : أى يحض الفقير عليه
 الصدقة : أى كان يحض الغنى عليها
 المسألة : أى يذم المسألة
 إبدأ بمن تعول : أى تمون وتلمزك نفقته من عيالك
 خير الصدقة عن ظهر الغنى : أى أفضل الصدقة ما بقى صاحبها بعدها مستغنيا بما بقى معه
 من يستعفف : أى طلب العفة وهى الكف عن الحرام والسؤال الناس
 يعفه الله : أى يصير عفيفا
 ومن يستغن يغنه الله : أى من يطلب من الله العفاف والغنى يعطه الله ذالك

3. Terjemah Hadits

  1. Hadits Ibnu Umar Ra. Berkata: “Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda ketika beliau khutbah di atas mimbar dan menyebutkan tentang sedekah, menjaga kehormatan diri, dan meminta-minta. “Tangan yang di atas itu lebih baik dari pada tangan yang dibawah, tangan yang di atas itu yang memberi dan yang di bawah itu yang meminta”. (HR. Bukhari dan Muslim)
  2. Hadits Hakiem bin Hizam Ra. Berkata: “Nabi SAW bersabda: tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah dan dahulukan keluargamu (orang-orang yang wajib kamu belanjai), dan sebaik-baik sedekah itu dari kekayaan (yang lebih) dan siapa yang menjaga kehormatan diri (tidak meminta-minta), maka Allah akan mencukupinya dan siapa yang merasa sudah cukup, maka Allah akan mencukupkan dirinya”. (HR. Bukhari dan Muslim).
  3. Hadits Abu Hurairah Ra. Berkata: “Rasulullah SAW bersabda: Jika seseorang itu pergi mencari kayu, lalu diangkat seikat kayu di atas punggungnya (untuk dijual di pasar), maka itu lebih baik baginya dari pada minta kepada seseorang, baik diberi atau ditolak”. (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Kandungan Hadits

  1. Orang yang memberi itu lebih baik daripada orang yang meminta.
  2. Sedekah yang baik adalah sedekah dari kekayaan yang lebih.
  3. Meminta-minta adalah cara memberdayakan anggota-anggota tubuh yang tidak sesuai dengan fungsinya.
  4. Anjuran untuk berusaha mencari rizki meski dengan cara yang paling hina sekalipun, dan menanamkan rasa risih pada diri kita untuk mengemis, memberikan kiat untuk menjaga kemuliaan dan mencegah kita dari kenistaan.
5. I’robul Hadits

 على المنبر : جر مجرور
 ذكر : فعل ماض
 الصدقة : مفعول به / معطوف
 و : حرف عظف
 التعفّف : معطوف عليه
 من : مبتدأ
 يستعفف : خبر
 أحدكم : فاعل
 حزمة : مفعول به
 على ظهره : جر مجرور
 خير : خبر

Post a Comment for "Larangan Meminta-Minta"