Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Biografi Lengkap Imam Al Qurthubi

296.web.id -  

Kelahiran dan Wafatnya Imam Al Qurthubi 


Imam Al Qurthubi merupakan nama panggilan beliau yang disandarkan ke nama tempat tinggal beliau. Imam Al Qurthubi mempunyai nama asli yaitu Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakr bin Farh al-Anshari al-Khazraji al-Andalusi al-Qurthubi al-Imam. 

Tidak ada yang tahu pasti mengenai kelahiran beliau, karena pada saat itu tahun kelahiran tidak begitu dipersoalkan. Akan tetapi setelah beliau menjadi ulama besar, orang-orang setelah beliau mencatatkan tahun wafatnya beliau, yaitu wafat pada tahun 671 H, dikediaman beliau di Munyah Bani Khushaib, Mesir. 

Nasab Imam Al Qurthubi 


Mempunyai nama asli Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakr bin Farh al-Anshari al-Khazraji al-Andalusi al-Qurthubi al-Imam. al-Khazraji yang masuk dalam rentetan nama Imam Al Qurthubi merupakan nisbah yang menghubungkan beliau dengan salah satu kabilah di kota Madinah Al-Munawwarah, yaitu kabilah Khazraj. 

Yang mana di kota Madinah itu sendiri, terdapat 2 kabilah besar yaitu kabilah Khazraj dan kabilah Aus. Keturunan dari kabilah Khazraj dilanjutkan oleh ‘Amr, ‘Auf, Jasym, dan al-Harits. Keturunan mereka sudah menyebar sampai kepelosok negeri. 

Sedangkan al Qurthubi (Kordoba) merupakan sebuah nama negara besar yang berlokasi di Andalusia, Spanyol (daerah Benua Eropa sekarang). Tercatat dari sana banyak ulama Islam yang lahir di masa lampau dan saat ini dalam berbagai bidang, termasuk tafsir. 

Keturunan Imam Al Qurthubi 


Imam Al Qurthubi sendiri mempunyai 2 orang anak, anak pertama bernama ‘Abdullah, dan anak kedua bernama Syihab Al Din Ahmad. 

Keilmuan Imam Al Qurthubi 

Dalam perjalanan hidupnya, beliau Imam Al Qurthubi mempelajari berbagai cabang keilmuan, diantaranya adalah ilmu Bahasa Arab, Fikih, Ushul Fikih, Nahwu, Ulum al-Quran, Qiraat, Hadis, Ilmu Rijal, dan lain sebagainya.

Selain itu, beliau juga seorang yang gemar membaca, salah satu kitab yang baca oleh beliau adalah kitab al-Muqri al-Fadhil karangan Abu ‘Amr ‘Utsman bin Sa’id bin ‘Utsman yang wafat pada tahun 444 H. 

Adapun kitab yang lain, yang beliau baca adalah kitab Syarh Alfadh al-Gharib min al-Shahih li Muhammad bin ‘Isma’il karya Abu al-Asbagh bin Sahl. Kemudian kitab Maraj al-Bahrain fi Mazayid al-Maysriqin wa al-Maghribin karya Abu al-Khattab bin Dhayah. Ia juga membaca kitab Sunan al-Tirmidzi dan al-Nasa’i dan banyak lagi yang lainnya. 

Guru-guru Imam Al Qurthubi 

Sebagai seorang imam besar, beliau Imam Al Qurthubi mempunyai banyak sekali guru. Di antara guru-guru tempat beliau menimba ilmu adalah Syekh Abu al-‘Abbas bin ‘Umar al-Qurthubi, pengarang kitab al-Mufhim fi Syarh Shahih al-Muslim, Abu ‘Ali al-Hasan bin Muhammad al-Bakri dan lain sebagainya. 

Seorang tokoh bernama Masyhur Hasan membagi guru-guru Imam Al Qurthubi ke dalam dua wilayah. 

Wilayah pertama adalah daerah Andalusia, beliau-beliau (guru-guru Imam Al Qurthubi) yaitu : 

Pertama, Ibn Abi Hujjah (beliau wafat pada tahun 643 H/1245 M), nama lengkap beliau adalah Abu Ja’far Ahmad bin Muhammad bin Muhammad al-Qaisy dan beliau terkenal dengan nama Ibn Abi Hujjah. Kedua, Rabi’ bin ‘Abd al-Rahman bin Ahmad bin Ubay al-Asy’ary (beliau wafat pada tahun 632 H/1235 M). Ketiga, Abu ‘Amir Yahya bin ‘Abd al-Rahman bin Ahmad bin Rabi’ al-Asy’ary (beliau wafat pada tahun 639 H/1241 M). Keempat, Abu al-Hasan ‘Ali al-Quthral (beliau wafat pada tahun 651 H/1253 M). Kelima, Abu Muhammad bin Hauthillah (beliau wafat pada tahun 612/1214 M). 

Wilayah kedua adalah daerah Mesir, beliau-beliau (guru-guru Imam Al Qurthubi) yaitu : 
Pertama, Abu al-‘Abbas al-Qurthubi (beliau wafat pada tahun 656 H/1258 M). Kedua, Abu Muhammad bin Rawwaj (beliau wafat pada tahun 648 H/1250 M). Ketiga, Abu Muhammad ‘Abd al-Mu’thi ibn Abi al-Tsana’ al-Lakhami (beliau wafat pada tahun 638 H/1241 M). Keempat, Abu ‘Ali Al Hasan bin Muhammad al Bakri (beliau wafat pada tahun 656 H/1258 M). Kelima, Abu Muhammad ‘Ali bin Hibatillah al Lakhami (beliau wafat pada tahun 649 H/1251 M). 
 
Akan tetapi masih ada 2 guru dari Imam Al Qurthubi yang tidak masuk dari pembagian dua wilayah tersebut, beliau adalah al Imam al Muhaddits Abu al Hasan ‘Ali bin Khalaf al Tilmasani, dan Syekh Abu al Hasan ‘Ali bin Muhammad bin ‘Ali bin Hafsh al Yahshubi. 
 

Karya-karya Imam Al Qurthubi 


Karya yang paling terkenal dari Imam Al Qurthubi adalah tafsir Al Qurthubi yang mempunyai nama asli al Jami’ li Ahkam Al Qur’an. Akan tetapi selain kitab tafsir tersebut, Imam Al Qurthubi mempunyai kitab-kitab lain, yaitu Kitab Syarh Asma’illah al Husna, Kitab al Tidzkar fi Afdhal al Adzkar, Kitab Syarh al Taqshsha, Kitab Qam’ al Hirsh bi al Zuhd wal al Qana’ah, dan Kitab Radd Dzul al Su’al bil al Kutub wa al Syafa’ah. 
 

Contoh Penafsiran Imam Al Qurthubi dalam Kitab Tafsir al Jami’ li al Ahkam Al Qur’an 


Disebutkan bahwa Imam Al Qurthubi adalah seorang ulama bermadzhab Maliki. Akan tetapi meskipun beliau menganut madzhab maliki, beliau akan tetap menerima pendapat lain (selain madzhab Maliki) ketika pendapat tersebut mengandung kebenaran di dalamnya. 

Contoh dari penafsiran Imam Al Qurthubi yang menunjukkan bahwa beliau tidak fanatik terhadap madzhab yang beliau anut (madzhab maliki) adalah ketika beliau menafsirkan ayat 43 dari Surat Al Baqarah. 

وَأَقِيْمُوا الصَّلَوةَ وَءَاتُوا الزَّكَوةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِيْنَ 

Yang artinya : “dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” 

Ayat tersebut mempunyai bahasan yang berkaitan dengan kebolehan seorang anak kecil menjadi imam sholat. Didalam penafsiran Imam Al Qurthubi yang menganut madzhab Maliki, beliau menampilkan pendapat Imam Maliki yang melarang seorang anak kecil menjadi imam sholat. Namun, Imam Al Qurthubi juga menyebutkan pendapat lain tentang kebolehan anak kecil menjadi imam sholat. Imam Al Qurthubi menyebutkan ketika ia seorang qori maka ia (anak kecil) boleh menjadi imam sholat. 

Post a Comment for "Biografi Lengkap Imam Al Qurthubi"