Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Ramadhan Banjir Pahala


Ramadhan Banjir Pahala
Ramadhan adalah salah satu nama bulan dalam islam, yang memiliki keutamaan sendiri dibanding bulan-bulan lainnya. Pada ramadhan kali ini, saya memiliki sebuah sedikit cerita berkaitan dengan hadits Nabi SAW, yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim, sebagai berikut :

 عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من صام رمضان إيمانا واحتسابا ، غُفر له ما تقدم من ذنبه. (رواه الشيخان(
Artinya: “Dari Abu Hurairah ra. berkata: Nabi saw bersabda: "Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan Iman dan berharap pahala dari Allah niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (Muttafaqun 'alaih : Al Bukhari No. 38 dan Muslim No. 760).
Beliau (K.H Ali Mu’in Amnur, Lc. M.Pd.I) Abahku bercerita mengenai perumpamaan kata رمضان, إيمانا,dan احتسابا. Beliau mengumpamakan bahwa bulan ramadhan, dalam bahwa jawa adalah sebagai “kali sing sat sing akeh iwake” (sungai yang airnya sedkit dan banyak ikannya), dan kata “imanan” diumpamakna sebagai seser (alat menanggap ikan/ jala), sedangkan kata “wah tisaban” diibaratkan sebagai ember atau yang lainnya sebagai tempat ikan.
Jadi, kesimpulannya adalah bahwa bulan ramadhan, bagi orang muslim adalah bulan banjir berkah dan pahala, dengan syarat membawa iman, dan juga pengharapan. Yang mana ketika membawa iman, maka mendapatkannya ikan di sungai (perumpamaan bulan ramadhan) akan mudah, ditambah dengan ihtisaban sebagai wadah (tempat) ikannya. Sehingga orang berpuasa, tapi tanpa iman, maka tidak akan mendapatkan ikan yang banyak, karena tidak mempunyai tempatnya, sebaliknya juga punya tempat tapi tidak menggunakan alat untuk menanggkap (jala), juga tidak akan mendapatkan ikan yang banyak.
Sekian, wallohu a’lamu bish showab.

Post a Comment for "Ramadhan Banjir Pahala"