Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
النُّصُوْصُ قَدْ إِنْتِهَى وَالْوَقَائِعُ غَيْرُ مُتَنَهِيَة # صَلِحٌ لَكُلِّ زَمَان وَمَكَان

Biografi Abu Amr

Biografi Imam Qiraat Abu Amr ini merupakan salah satu Imam Qiraat Sab'ah. Nama lengkapnya adalah Zabban bin Ala' bin Ammar, ia lahir di kota Mekkah pada tahun 68 H. Imam Abu Amr kemudian merantau dan mengajar Al-Quran. Setelah itu pindah ke Kuffah hingga wafatnya pada tahun 154 H. Ia terkenal sebagai salah seorang yang sangat mengerti tentang Al-Quran serta terkenal jujur.

Seorang ulama besar Sufyan bin Uyainah pernah bercerita bahwa ia pernah bermimpi bertemu Rasulullah SAW dan bertanya bahwa orang banyak berselisih Qira`at, mana Qira`at yang patut diikuti, Rasulullah menjawab bacalah menurut Qira`at Abu Amr. Adapun sanad yang dimiliki Abu Amr adalah sebagai berikut: ia membaca dari beberapa guru diantaranya Abu Ja'far Yazid bin Qo'qo dan Hasan Al Bashriy. Hasan membaca dari Khuton Abu Aliyah. Abu Aliyah mendapat bacaan dari Umar Bin Khattab dan Ubay bin Ka'ab. Kemudian kedua sahabat ini mendapat bacaan dari Rasulullah SAW. Dua orang perawinya adalah :

  1. Dury, nama lengkapnya adalah Abu Amr Hafs bin Umar bin ABdul Aziz yang populer dengan julukan Dury, Dury terkenal sebagai ulama Qiraat pada masanya di samping terkenal sebagai orang pertama yang mengumpulkan Qiraat-qiraat. Dia mengajar dan wafat di kota Bahgdad pada tahun 246 H.
  2. Susy, nama lengkapnya adalah Abu Syuaib Sholeh bin Ziyad bin ABdullah bin As-Susy di kota Bashrah tempat ia menetap dan wafat. ia terkenal sebagai qori' yang baik dan kuat ingatannya. Susy wafat pada tahun 261 H

Post a Comment for "Biografi Abu Amr"